KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

9 Makanan pelancar siklus menstruasi

Kamis, 17 Januari 2013 11:29 Reporter : Destriyana
Ilustrasi susu kedelai. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/vanillaechoes

Merdeka.com - Sebagian besar wanita mengalami masalah menstruasi yang tidak teratur. Ini biasanya terjadi ketika mereka memasuki tahap awal menstruasi dan masa menopause. Periode normal lazimnya berlangsung selama 3-5 hari, sedangkan siklus menstruasi dapat bervariasi dari 28-30 hari.

Siklus menstruasi dapat diukur dari tanggal pertama periode pada bulan lalu sampai periode berikutnya. Namun, gaya hidup tidak sehat, merokok, minum alkohol, olahraga yang berlebihan, dan konsumsi obat-obatan menyebabkan menstruasi tidak teratur. Berikut adalah makanan sehat yang memperlancar siklus menstruasi, seperti dilansir Boldsky.

1. Brokoli

Salah satu jenis sayuran hijau ini sangat efektif untuk memperlancar siklus menstruasi. Untuk mempertahankan siklus menstruasi yang teratur, sertakan brokoli dalam menu harian Anda.

2. Salmon

Makanan ini merupakan sumber makanan yang sangat kaya kalsium dan vitamin D. Selain dapat memperkuat tulang, salmon dapat meningkatkan dan menstabilkan hormon. Ini juga membantu menyingkirkan masalah menstruasi tidak teratur.

3. Sayuran berdaun hijau

Anda harus selalu menyertakan sayuran berdaun hijau yang sehat dan bergizi dalam menu harian Anda. Bayam, asparagus, dan brokoli merupakan sayuran sehat yang dapat membantu memperlancar siklus menstruasi.

4. Ikan dan minyak ikan

Ikan kaya akan asam lemak omega-3 dan merkuri yang baik untuk tubuh. Asam lemak omega-3 melindungi pembuluh darah di ovarium dari kerusakan yang dapat menunda menstruasi. Mengonsumsi ikan atau minyak ikan dapat memperlancar siklus menstruasi.

5. Almond

Almon adalah jenis kacang yang sehat dan bergizi. Selain membantu memperlancar siklus menstruasi , almond kaya akan serat dan protein yang dapat menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

6. Biji wijen

Biji wijen dapat membantu Anda memperlancar siklus menstruasi. Namun, jangan mengonsumsi biji wijen secara berlebihan karena akan meningkatkan panas tubuh.

7. Yogurt

Yogurt adalah produk susu yang kaya akan kalsium dan protein. Anda dapat mengonsumsi yogurt setiap hari untuk memperlancar siklus menstruasi.

8. Susu kedelai

Jika Anda memiliki intoleransi susu, Anda dapat menggantinya dengan susu kedelai. Selain bergizi, susu kedelai juga dapat membantu memperlancar menstruasi.

9. Telur

Telur rebus sangat kaya akan protein, kalsium dan vitamin. Protein yang dikandung telur dapat membantu mengatasi masalah menstruasi tidak lancar.

Inilah sembilan makanan sehat yang dapat memperlancar siklus menstruasi Anda. Jika menstruasiAnda masih tidak teratur, segera berkonsultasi dengan dokter. [des]

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.