9 Hal Sehari-Hari yang Perlu Diwaspadai oleh Penderita Asma

Kamis, 22 Desember 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
9 Hal Sehari-Hari yang Perlu Diwaspadai oleh Penderita Asma Ilustrasi asma. Shutterstock/Poprotskiy Alexey

Merdeka.com - Salah satu masalah pernapasan yang rentan dialami oleh seseorang adalah asma. Pada penderitanya, pasien asma biasanya tampak seperti orang sehat lainnya.

Walau begitu, ketika berada dalam kondisi yang parah, asma bisa membahayakan. Tanpa penanganan yang tepat, penderita asma rentan mengalami masalah yang bisa mengancam nyawa mereka.

Untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat, pasiem asma harus mengetahui hal apa yang bisa memperburuk kondisi mereka. Sejumlah masalah yang bisa ditemuai sehari-hari tanpa disadari bisa memperburuk kondisi asma seseorang.

Dengan mengetahui hal-hal apa yang bisa memperburuk asma, seseorang bisa mencegah risiko terjadinya masalah ini. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah hal yang bisa memicu terjadinya asma.

Bunga

Serbuk sari pada bunga adalah salah satu hal yang bisa memicu asma. Tak hanya bisa menimbulkan alergi bagi beberapa orang, namun serbuk sari juga bisa berbahaya untuk penderita asma. Jika salah seorang anggota keluarga memiliki asma, hindari menanam tanaman yang memiliki bunga dan serbuk sari, serta menanam tanaman di dalam rumah.

2 dari 5 halaman
9 hal sehari-hari yang perlu diwaspadai oleh penderita asma

Kecoak

Banyak yang tak mengetahui bahwa kotoran kecoak dan tubuh kecoak, baik bagian tubuh yang sudah mati atau tercecer dan tubuh kecoak yang masih hidup, bisa memicu asma. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, kecoak membawa banyak kuman yang bisa berbahaya untuk pasien asma dan bisa memicu serangan asma.

Binatang Peliharaan

Binatang peliharaan yang memiliki banyak bulu juga bisa memicu asma. Kucing dengan bulu yang panjang dan mudah rontok diketahui menjadi salah satu penyebab terjadinya serangan asma. Selain bulu, air liur hewan peliharaan juga merupakan hal yang harus diperhatikan.

3 dari 5 halaman
9 hal sehari-hari yang perlu diwaspadai oleh penderita asma

Asap

Asap tak hanya buruk untuk paru-paru melainkan juga bisa memicu serangan asma yang berbahaya. Pasien asma disarankan untuk selalu mengenakan masker atau menutup hidung mereka setiap kali keluar rumah atau mengendarai kendaraan. Ini adalah cara yang paling mudah untuk menghindari serangan asma.

Rokok

Rokok merupakan salah satu musuh besar bagi penderita asma. Kebiasaan merokok bisa menghalangi aliran udara pada pasien yang nantinya bisa memicu serangan asma yang membuat pasien sulit bernapas.

4 dari 5 halaman
9 hal sehari-hari yang perlu diwaspadai oleh penderita asma

Cuaca

Meski cuaca tak bisa dihindari, namun pasien asma bisa menyiapkan diri untuk menghadapi cuaca agar tak terjadi serangan asma. Jika cuaca sedang dingin, gunakan pakaian hangat, lindungi dan tutupi bagian hidung, tenggorokan, dan mulut saat keluar rumah.

Makanan

Alergi terhadap makanan tertentu seperti kacang, kedelai, atau masakan laut bisa memicu munculnya asma. Selain menyebabkan alergi, deretan makanan tersebut juga bisa memicu terjadinya serangan asma.

5 dari 5 halaman
9 hal sehari-hari yang perlu diwaspadai oleh penderita asma

Emosi

Tak hanya faktor dari luar seperti asap, cuaca, dan lainnya, faktor dari dalam diri sendiri seperti emosi yang berlebihan juga bisa memicu asma. Pasalnya, stres dan kecemasan bisa mengganggu pola napas seseorang dan membuat mereka kesulitan bernapas. Pada akhirnya mereka akan mengalami serangan asma yang berbahaya.

Parfum

Parfum yang memiliki bau sangat kuat adalah salah satu penyebab terbesar serangan asma. Bau-bauan yang terlalu kuat bisa menyebabkan saluran udara membengkak dan mempersulit seseorang untuk bernapas. Hal ini bisa memicu serangan asma dan membuat pasien tak bisa bernapas.

Sejumlah hal tersebut bisa ditemui sangat mudah sehari-hari namun berdampak buruk pada kondisi asma seseorang. Oleh karena itu, perhatikan sejumlah hal tersebut agar kamu terhindar dari masalah kesehatan. [RWP]

Baca juga:
Terjadinya Demam Tinggi Mendadak Tanpa Pilek Bisa Jadi Gejala DBD
Mungkinkah Asam urat yang Dialami Seseorang Sembuh Total?
Baby Blues yang Tak Kunjung Tertangani Bisa Berujung Depresi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini