8 Makanan ini akan membuat tubuh menjadi cepat lelah

Sabtu, 21 Desember 2013 08:14 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
8 Makanan ini akan membuat tubuh menjadi cepat lelah Ilustrasi merasa lelah. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Selain makanan sehat, ada beberapa makanan yang akan merugikan kesehatan Anda. Selain dapat mengganggu kesehatan, juga dapat akan mencuri energi Anda dan membuat tubuh Anda menjadi lelah.

Berikut adalah makanan yang dapat membuat tubuh Anda menjadi lelah seperti dilansir dari fitnea.com.

1 dari 8 halaman

Makanan yang dihangatkan berulang-ulang

Menghangatkan makanan sisa merupakan hal yang lumrah untuk dilakukan. Namun hal ini akan menjadi sesuatu yang berbahaya apabila Anda memanaskannya secara berulang-ulang. Lemak dari makanan yang dipanaskan akan berbahaya bagi tubuh. Alih-alih memberikan energi, makanan tersebut justru akan merampas energi Anda dan membuat tubuh jadi mudah lelah.

2 dari 8 halaman

Daging kalkun

Ilustrasi kalkun. ©Shutterstock/Bochkarev Photography

Alasan daging kalkun membuat tubuh Anda akan mudah lelah adalah karena daging kalkun mengandung trypthopan yaitu asam amino yang akan membuat tubuh jadi lebih rileks. Oleh karena itu batasi konsumsi daging kalkun.

3 dari 8 halaman

Makanan dengan gula tinggi

Ilustrasi permen lollipop. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Ruth Black

Permen adalah salah satu makanan yang mengandung gula tinggi. Permen akan menaikkan kadar gula darah Anda dengan cepat. Setelah itu membuat tubuh melepaskan insulin yang juga dapat membuat kadar gula tubuh turun dengan cepat pula. Dan pada akhirnya akan membuat tubuh Anda jadi lelah.

4 dari 8 halaman

Makanan yang digoreng

Ilustrasi kentang goreng. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/highviews

Makanan yang digoreng mengandung lemak yang tinggi. Oleh karena itu tubuh memerlukan energi ekstra untuk mencerna makanan tersebut. Dan akhirnya energi dalam tubuh Anda pun terkuras.

5 dari 8 halaman

Daging merah

Ilustrasi daging merah. Shutterstock/Gregory Gerber

Daging merah membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna daripada makanan lain. Itu berarti tubuh Anda memerlukan energi yang lebih untuk mencerna daging tersebut.

6 dari 8 halaman

Alkohol

Ilustrasi alkohol. ©Shutterstock/Alexey Lysenko

Alkohol akan memperlambat sistem di dalam saraf tubuh Anda. Hal ini akan menyebabkan Anda menjadi lemah. Dan buruknya lagi, alkohol dapat menyebabkan insomnia yang berarti Anda tidak mempunyai kesempatan untuk mengembalikan kembali energi tubuh yang hilang.

7 dari 8 halaman

Roti

Ilustrasi roti. ©Shutterstock.com/Dream79

Kandungan karbohidrat di dalam tubuh membuat kadar gula dalam darah naik dan turun dengan cepat. Dan Anda pun menjadi mudah lelah.

8 dari 8 halaman

Pasta

Ilustrasi pasta. ©©2012 Shutterstock/margouillat photo

Pasta adalah salah satu contoh makanan bertepung yang dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah dengan mendadak dan juga menaikkan kadar gula dengan cepat pula.

Itulah daftar makanan yang dapat membuat tubuh Anda menjadi cepat lemah dan mudah lelah. Hindari atau konsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang sedikit agar tubuh tetap produktif.

Baca juga:
5 Makanan sehat sumber zat besi selain daging
8 Manfaat menakjubkan buah zaitun untuk kesehatan
5 Fakta jorok tentang restoran cepat saji yang harus diketahui
Ini fakta berbahaya tentang sabun anti bakteri
6 Hal tak terduga yang bisa sebabkan bau mulut

[feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini