8 Jenis 'Fad Diet' yang sebaiknya Anda hindari

Minggu, 8 April 2012 12:00 Reporter : Rizqi Adnamazida
Ilustrasi (©michfb.com)

Merdeka.com - Fad Diet adalah diet yang menganjurkan untuk meniadakan jenis makanan yang mengandung nutrisi dalam menu harian. Fad Diet merupakan program diet jangka pendek yang fokus pada pengurangan jumlah kalori dan mengabaikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Fad Diet memang menjanjikan Anda untuk bisa kurus dalam waktu singkat namun juga berbahaya bagi tubuh sebab asupan nutrisi banyak berkurang. Ada delapan jenis Fad Diet yang sebaiknya Anda hindari seperti yang dilansir dari All Women Stalk (07/04) berikut ini.

Cambridge Diet

Cambridge Diet yang cukup populer di tahun 1980an ini identik dengan asupan kalori dalam bentuk cairan sebanyak 400 kalori saja dalam sehari.

Zone Diet

Seorang ahli biokimia Dr. Barry Sears adalah pencipta jenis diet ini. Formula Zone Diet adalah konsumsi 30% lemak, 30% protein, dan 40% karbohidrat yang bisa menyebabkan rasa lapar dan lelah yang berlebihan.

3 Day Diet

Seperti namanya, diet ini menjanjikan Anda bisa kurus dalam waktu tiga hari saja dengan mengonsumsi makanan berkalori rendah dan tidak bernutrisi, meskipun Anda akan kembali gemuk di hari ke-4.

Negative Calorie Diet

Hampir sama seperti jenis Fad Diet yang lain, diet yang satu ini juga hanya fokus terhadap pengurangan kalori dan mengabaikan asupan nutrisi bagi tubuh.

Lemonade Diet

Lemonade Diet biasanya berlangsung selama sepuluh hari dan menganjurkan Anda untuk mengonsumsi jus jeruk nipis, sirup mapel, dan bubuk cabai rawit saja jika merasa lapar.

South Beach Diet

Seorang ahli jantung bernama Arthur Agatston menciptakan South Beach Diet yang dinilai lebih sehat daripada diet Atkins. Bahayanya adalah, diet ini menganjurkan Anda untuk menjadikan pola makan South Beach Diet sebagai kebiasaan di seumur hidup Anda.

Cabbage Soup Diet

Dalam waktu tujuh minggu, Anda bisa kurus jika melakukan Cabbage Soup Diet. Namun sebenarnya nutrisi dalam kubis tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh Anda.

Grapefruit Diet

Diet yang satu ini dinamakan Grapefruit Diet sebab adanya anjuran untuk mengonsumsi grapefruit sebanyak 8 ons setiap kali makan dalam sehari. Meskipun grapefruit memang bergizi, namun buah ini tidak cukup memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.

Jika memang ingin melakukan diet sehat, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter daripada menjalani Fad Diet yang justru bisa menganggu kesehatan tubuh Anda. [riz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini