8 Cara kulit beritahukan kondisi kesehatanmu yang sesungguhnya

Rabu, 13 September 2017 16:13 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi kulit. boldsky.com

Merdeka.com - Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, kulit gatal atau iritasi ternyata tak hanya terjadi karena keringat atau bakteri yang bikin kulit gatal. Penelitian ini mengungkapkan bahwa gangguan kesehatan di kulit juga bisa jadi tanda awal atau sinyal munculnya penyakit dalam tubuh.

Ini dia penjelasannya.

Eksim
Eksim adalah kondisi peradangan kronis yang diketahui bisa menyebabkan bercak merah dan gatal di kulit. Eksim dikaitkan dengan masalah seperti gangguan tidur, masalah sendi, dan luka lainnya.

Psoriasis
Psoriasis adalah gangguan autoimun dimana sel-sel berkembang biak terlalu cepat dan membentuk sisik yang mengkilap pada permukaan kulit. Psoriasis sering terjadi bersamaan dengan penyakit arthritis atau penyakit sendi lainnya.

Statis dermatitis
Statis dermatitis adalah berubahnya warna kulit menjadi lebih gelap di area kaki atau pergelangan kaki. Selain karena dampak varises, statis dermatitis juga bisa menjadi gejala awal diabetes.

Vitiligo
Mereka yang menderita vitiligo memiliki gejala yang menyebabkan bercak putih di wajah dan tubuh. Gejalanya bisa semakin bertambah parah saat mereka mengalami stres.

Ruam kulit
Ruam di kulit seringkali muncul akibat tubuh tidak bisa merespon konsumsi obat demam, nyeri sendi, atau nyeri otot. Ruam yang muncul juga bisa jadi tanda dari alergi.

Warna kulit menguning
Kulitmu berwarna kuning secara tiba-tiba? Hal ini bisa jadi pertanda ada masalah pada metabolisme zat besi di dalam tubuhmu. Menguningnya kulit juga menandakan bahwa hati gagal bekerja dengan baik.

Munculnya keloid
Keloid yang muncul bisa jadi pertanda kanker kulit.

Perubahan warna kuku
Saat kamu memperhatikan bahwa warna kulit di dalam kukumu berubah, maka hal ini bisa menjadi tanda adanya masalah sistem organ. [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.