7 Masalah perut yang dialami saat bepergian

Sabtu, 20 April 2013 08:19 Reporter : Destriyana
7 Masalah perut yang dialami saat bepergian Ilustrasi traveller. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Pressmaster

Merdeka.com - Meski telah mengambil tindakan pencegahan dengan cara makan makanan sehat atau minum obat anti-mabuk, sangat sulit untuk menghindari masalah perut, terutama saat bepergian. Ketika Anda berada jauh dari rumah, Anda mengalami kesulitan untuk menjaga rutinitas sehat yang biasa Anda jalankan setiap hari. Hasilnya, Anda rentan mengalami berbagai masalah kesehatan yang terkait dengan perut. Nah, berikut adalah beberapa masalah perut yang muncul ketika bepergian, seperti dilansir Boldsky.

1. Keracunan makanan

Diare, muntah, dan mual adalah beberapa gejala keracunan makanan yang Anda harus kenali. Terkadang, gejala ini sepintas sangat mirip dengan flu. Bakteri yang terkandung dalam makanan adalah alasan di balik munculnya masalah perut ini saat bepergian.

2. Perut kembung dan gangguan pencernaan

Sejumlah kandungan dalam makanan dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang memicu naiknya gas dan tingkat keasaman dalam lambung. Gejala dari masalah kesehatan ini, seperti rasa mulas dan rasa sakit yang tak tertahankan di bawah sternum. Keinginan untuk kentut menjadi bentuk lain dari gejala masalah perut tersebut.

3. Kram perut

Kram perut adalah indikasi lain dari masalah kesehatan yang kerap terjadi selama bepergian. Hal ini menunjukkan bahwa perut Anda sedang "marah", dan sekarang saatnya untuk mengontrol apa yang Anda makan. Namun, jangan lupa minum banyak air untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

4. Kembung

Kembung adalah masalah kesehatan yang bisa dipicu oleh pola makan yang berlebihan atau gangguan pencernaan. Kondisi ini tentu membutuhkan penanganan langsung seperti minum obat. Makanan yang memicu gas dalam perut dapat menjadi penyebab di balik masalah perut tersebut.

5. Diare

Diare dapat disertai dengan muntah dan kram perut. Kontaminasi pada makanan dan air yang Anda konsumsi selama bepergian dapat menyebabkan masalah perut semacam ini. Jadi, perhatikan apa yang Anda minum dan makan selama di perjalanan.

6. Infeksi cacing tambang

Cacing tambang menyerang paru-paru atau usus dan dapat menyebabkan berbagai masalah perut, serta membuat perjalanan Anda terasa sangat tidak nyaman. Kram perut, ruam merah, kelelahan, dan diare adalah beberapa gejala dari infeksi tersebut.

7. Disentri

Disentri hanya lah tahap awal dari diare. Dalam kondisi ini, feses pasien dapat mulai mengeluarkan lendir dan bahkan darah. Infeksi bakteri ini menular dan karena itu, Anda perlu mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut.

Inilah tujuh masalah perut yang dialami saat bepergian. Hati-hati dengan apa yang Anda makan dan minum selama di perjalanan. Jangan karena merasa haus atau lapar, lalu Anda sembarangan membeli makanan atau minuman di angkutan umum atau jalan. [des]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini