7 Masalah Kesehatan yang Bakal Kamu Alami Ketika Kebanyakan Minum Kopi

Jumat, 30 September 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
7 Masalah Kesehatan yang Bakal Kamu Alami Ketika Kebanyakan Minum Kopi Ilustrasi kopi. ©Unsplash/Nathan Dumlao

Merdeka.com - Kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak memicu pro dan kontra terkait kesehatan. Banyak penelitian yang membuktikan manfaat dari minuman ini, namun tak sedikit orang yang mengalami masalah kesehatan karenanya.

Konsumsi kopi dalam jumlah dan dosis yang tepat bisa sangat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Walau begitu, tidak semua orang bisa mengonsumsi minuman satu ini.

Salah satu masalah yang biasa dialami seseorang ketika meminum kopi adalah naiknya asam lambung. Hal ini terutama terjadi ketika mengonsumsinya dalam kondisi perut kosong.

Walau begitu terdapat masalah kesehatan lain yang dapat muncul dari konsumsi kopi ini. Hal ini terutama muncul ketika mengonsumsinya terlalu banyak.

Sejumlah masalah kesehatan bisa terjadi pada dirimu ketika kamu terlalu banyak minum kopi di atas dosis yang disarankan, Dilansir dari The Healthy, berikut sejumlah masalah kesehatan yang bakal kamu alami ketika overdosis kopi.

2 dari 5 halaman

Munculnya Rasa Cemas dan Nyeri di Perut

cemas dan nyeri di perut rev2

Munculnya Rasa Cemas

Tekanan pekerjaan sering membuat kopi jadi pilihan minumanmu untuk menyemangati diri. Namun, tahukah kamu bahwa konsumsi kopi ini justru dapat meningkatkan kecemasan.

Meningkatnya kecemasan ini disebabkan salah satunya karena kurang tidur akibat kebiasaan mengonsumsi kopi. Sebuah penelitian mengungkap bahwa seorang pria pengonsumsi kopi cenderung memiliki tekanan darah, hormon stres, serta tingkat stres yang lebih tinggi dibanding pada orang yang tak mengonsumsi minuman ini.

Nyeri di Perut

Banyak orang hanya menghubungkan masalah nyeri di perut hanya disebabkan oleh kram akibat PMS atau keracunan makanan. Namun sesungguhnya kopi juga memberi masalah ini.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 mengungkap bahwa kandungan tertentu pada kopi menstimulasi sekresi dari asam perut melalui sel. Hal ini memang bisa diatasi dengan konsumsi obat tertentu, namun tentu lebih baik jika mengurangi konsumsi minuman ini ketika kamu mengalami masalah tersebut.

3 dari 5 halaman

Detak Jantung Semakin Cepat dan Diare

semakin cepat dan diare rev1

Detak Jantung Semakin Cepat

Ketika jantung berdetak semakin cepat, kamu mungkin bakal merasa cemas. Hal ini mungkin membuatmu takut karena bisa menimbulkan masalah jantung.

Detak jantung yang semakin cepat ini bisa disebabkan oleh konsumsi terlalu banyak kopi, nikotin, dan alkohol. Pada orang yang mengalami masalah ini, disarankan untuk berhenti mengonsumsi kopi.

Diare

Kopi diketahui bisa sangat bermanfaat membantu lancarnya pencernaan seseorang. Namun ketika kamu mengonsumsi lebih dari dua atau tiga cangkir sehari, kamu bakal mengalami diare.

4 dari 5 halaman

Tidak Bisa Tidur dan Menjadi Gugup

tidur dan menjadi gugup rev1

Tidak Bisa Tidur

Insomnia bisa jadi merupakan tanda konsumsi kopi yang terlalu banyak. Konsumsi minuman ini bisa mengubah jam tidurmu karena membutuhkan banyak waktu baginya untuk meninggalkan tubuhmu secara sempurna.

Konsumsi kopi bisa menyebabkan kamu lebih sering terbangun saat tidur dan mengurangi jam tidur. Untuk mengatasi masalah ini, usahakan agar jangan minum kopi selepas jam 12 siang.

Menjadi Gugup

Kopi bisa membuatmu mernjadi lebih waspada, namun mengonsumsinya dalam jumlah banyak bisa menyebabkan masalah. Hal ini bisa berujung menjadi munculnya rasa gugup. Kafein bisa mempercepat sistem saraf pusat tubuh sehingga kamu menjadi terasa gugup.

5 dari 5 halaman

Sakit Kepala

Kafein dalam jumlah tepat bisa mengatasi sakit kepala, namun ketika terlalu banyak mengonsumsinya, maka hal ini justru bisa jadi penyebab masalah tersebut. Konsumsi sekitar lima gelas kopi bisa membuatmu jadi merasa pusing.

Sejumlah masalah kesehatan tersebut sangat mungkin kamu alami ketika terlalu banyak minum kopi. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat. [RWP]

Baca juga:
Benarkah Konsumsi Daging Bisa Menyebabkan Tubuh Jadi Berkeringat?
Begini Cara Aman Konsumsi Karbohidrat agar Tidak Sebabkan Kenaikan Berat Badan
Makan Malam saat Sedang Diet Boleh Saja, Asal Perhatikan Jumlah Kalori

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kopi
  3. Nutrisi
  4. Fakta Kesehatan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini