7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Diperoleh dari Tanaman Hias di Dalam Rumah

Selasa, 16 Februari 2021 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Diperoleh dari Tanaman Hias di Dalam Rumah Ilustrasi tanaman hias. ©Pexels/Daria Shevtsova

Merdeka.com - Berkebun dan mengoleksi tanaman hias merupakan salah satu hobi yang banyak dilakukan orang pada saat ini. Hal ini menjadikan banyak jenis tanaman menjadi naik daun saat ini.

Meningkatnya hobi menanam ini salah satunya juga disebabkan karena tren di sosial media. Walau begitu, sebenarnya hobi ini tidak benar-benar baru untuk dilakukan.

Bertanam di rumah sendiri sebenarnya sudah sejak lama dilakukan oleh banyak orang. Meningkatnya tren ini sekaligus bisa memberi dampak positif tanpa kita sadari.

Terdapat sejumlah dampak positif yang bisa diperoleh dari memlihara tanaman di dalam rumah ini. Dilansir dari Healthline, berikut sejumlah dampak positif dari bertanam.

1. Bisa Menurunkan Tingkat Stres

Penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Physiological Anthropology menemukan bahwa tanaman di rumah atau kantor bisa menurunkan tingkat stres. Hal ini bisa membuatmu merasa nyaman, tenang, serta alami.

Berdasar percobaan yang dilakukan, diketahui bahwa menanam di dalam rumah bisa menurunkan stres pada partisipan penelitian. Sementara itu, ketika partisipan penelitian diminta mengerjakan tugas di komputer, detak jantung dan tekanan darah meningkat tajam. Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah bahwa bercocok tanam bisa menurunkan stres psikologis dan fisiologis.

Baca Selanjutnya: Meningkatkan Terapi dan Membantu Mengatasi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini