7 Makanan yang memperburuk fungsi otak

Kamis, 25 Juli 2013 19:19 Reporter : Rizqi Adnamazida
7 Makanan yang memperburuk fungsi otak Ilustrasi gula. ©shutterstock.com/Elena Schweitzer

Merdeka.com - Tahukah Anda, beberapa jenis makanan bukan cuma buruk bagi bentuk tubuh, tetapi juga kesehatan otak. Jadi sebaiknya Anda menghindari berbagai makanan yang memperburuk fungsi otak seperti yang dilansir dari All Women Stalk berikut ini.

Gula

Konsumsi gula berlebihan dalam jangka panjang mampu merusak kemampuan memori. Penelitian juga pernah membuktikan kalau anak yang makan gula berlebihan mengalami kesulitan dalam belajar.

Alkohol

Ketika mabuk gara-gara minum alkohol, seseorang biasanya lupa dengan segala hal. Meskipun setelah sadar semuanya bisa kembali diingat, ada sesuatu di dalam otak yang sudah berubah dan mengganggu fungsi normalnya.

Makanan gorengan

Makanan yang diolah dengan cara digoreng kering mengandung berbagai senyawa yang membahayakan kesehatan, termasuk fungsi otak. Bahkan penelitian membuktikan kalau konsumsi makanan gorengan mampu memicu kerusakan sel saraf.

Junk food

Junk food penuh dengan lemak, maka dari itu makanan ini tidak baik bagi tubuh sekaligus otak. Jika dikonsumsi terlalu banyak, penikmat junk food biasanya sering mengalami depresi dan cemas berlebihan.

Garam

Sudah jadi pengetahuan umum bahwa garam sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah wajar. Sebab konsumsi garam berlebihan bisa membahayakan kesehatan jantung. Namun ternyata garam juga mengganggu fungsi otak dalam berpikir dan mengingat.

Pemanis buatan

Pemanis buatan mungkin mengandung kalori yang lebih sedikit daripada gula. Namun mengonsumsinya berlebihan bisa membuat ingatan lemah dan kecerdasan menurun.

Nikotin

Segala jenis nikotin bukan cuma merusak tubuh, tetapi juga otak. Beberapa efek samping negatif dari konsumsi nikotin adalah penuaan dini, bau mulut, meningkatkan risiko kanker paru-paru, dan menghentikan aliran darah ke otak.

Itulah berbagai makanan yang sebaiknya dihindari jika ingin tetap menjaga kesehatan otak.

Baca juga:

Menunda pensiun bisa turunkan risiko penyakit otak pada manula

Obat diabetes ternyata bisa lindungi otak!

Epilepsi membuat pasien Alzheimer lebih cepat pikun

Penderita Alzheimer kebal terhadap kanker?

Jadi kutu buku ternyata bisa tangkal kepikunan saat tua [riz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini