7 Khasiat kesehatan tersembunyi dari makanan pedas

Selasa, 29 Oktober 2013 12:28 Reporter : Rizqi Adnamazida
7 Khasiat kesehatan tersembunyi dari makanan pedas Ilustrasi sambal. ©Shutterstock/Elzbieta Sekowska

Merdeka.com - Ada kabar gembira bagi para pecinta makanan pedas. Ternyata makanan pedas memiliki khasiat kesehatan tersembunyi. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Mag for Women berikut ini.

Berat badan

Cabai yang merupakan makanan pedas memiliki senyawa bernama capsaicin yang mampu meningkatkan metabolisme. Metabolisme tinggi pun berguna untuk memaksimalkan pembakaran lemak dan mempercepat penurunan berat badan.

Kesehatan jantung

Mengonsumsi makanan pedas juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Aliran darah menjadi lebih lancar dan risiko penyakit jantung pun mampu diturunkan.

Sistem imun

Cabai dan paprika kaya akan vitamin A dan C. Kedua jenis vitamin tersebut termasuk antioksidan yang memperkuat sistem imun. Sistem imun yang kuat berfungsi untuk mencegah berbagai macam penyakit dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Diabetes tipe 2

Penelitian pernah membuktikan kalau kadar gula darah pecinta makanan pedas cenderung lebih rendah. Sehingga mengonsumsi makanan pedas mampu menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2.

Flu dan demam

Sedang flu atau demam? Coba konsumsi makanan pedas. Kondisi tubuh akan terasa lebih baik karena sifat makanan pedas yang melancarkan pernapasan dan menghangatkan.

Suasana hati

Makan cabai dan paprika adalah cara ampuh untuk mengembalikan suasana hati yang memburuk. Sebab konsumsi kedua makanan pedas tersebut bisa merangsang produksi hormon endorfin yang menenangkan perasaan.

Pencernaan

Manfaat tersembunyi terakhir dari makanan pedas adalah melancarkan pencernaan setelah tubuh mengonsumsi makanan berlemak, seperti daging merah.

Itulah berbagai khasiat kesehatan tersembunyi dari makanan pedas. Namun sebaiknya jangan berlebihan jika tidak ingin mengalami masalah kesehatan pada bagian lambung.

Baca juga:

Tahan lapar dengan makan 30 butir kacang almond

Lada hitam, si kecil yang bermanfaat besar bagi kesehatan

Menderita asam urat? Konsumsilah 10 makanan ini!

Ternyata, 5 makanan ini dapat meningkatkan kesehatan!

5 Suplemen yang ternyata dapat menyehatkan tubuh [riz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Makanan Pedas
  3. Top List
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini