7 Jenis kanker ini mudah menyerang mereka yang bertubuh gemuk

Jumat, 11 November 2016 07:14 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
7 Jenis kanker ini mudah menyerang mereka yang bertubuh gemuk Ilustrasi obesitas. Shutterstock/Byjeng

Merdeka.com - Seperti yang sudah sering kamu tahu, tubuh gemuk atau obesitas adalah magnet yang mudah menarik datangnya penyakit. Tak terkecuali dengan kanker. Sebabnya saat kamu bertubuh gemuk, maka dalam tubuhmu banyak sel-sel lemak yang menjadi makanan favorit dari sel kanker.

Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, rupanya ada beberapa jenis kanker yang mudah mengenai mereka si pemilik tubuh gemuk. Apa saja?


Kanker perut
Mereka yang menderita kelebihan berat badan rentan terkena kanker perut. Hal ini terjadi karena di dalam perut menumpuk lemak secara berlebihan yang kemudian menyebabkan peradangan kronis dan berujung dengan munculnya kanker perut.

Kanker hati
Obesitas juga menjadi salah satu penyebab kanker hati karena lemak bisa menyebabkan sirosis hati.

Kanker kandung kemih
Penelitian menunjukkan bahwa kelebihan berat badan atau obesitas akan meningkatkan risiko penyakit batu empedu yang jika dibiarkan akan menjadi penyakit kanker kandung kemih.

Kanker pankreas
Kelebihan berat badan bisa menyebabkan munculnya kanker pankreas. Sebab di dalam tubuh yang gemuk akan muncul kelebihan lemak yang membuat ketidakseimbangan dalam produksi insulin di pankreas yang mengarah ke kanker.

Kanker ovarium
Salah satu efek samping dari kelebihan berat badan adalah kelebihan produksi estrogen dalam tubuh. Saat di dalam tubuh wanita tinggi kandungan tingkat estrogennya, maka akan berujung dengan munculnya kanker ovarium.



Kanker tiroid
Kelebihan berat badan juga bisa menyebabkan kanker tiroid. Sebab tingginya lemak dalam tubuh akan membuat kerja hormon tiroid terganggu sehingga bisa berujung dengan kanker.



Kanker payudara
Sekali lagi, penumpukan lemak dalam tubuh karena kegemukan bisa menyebabkan multiplikasi sel abnormal di payudara yang menyebabkan kanker payudara.

Kegemukan bisa memunculkan beragam penyakit berbahaya. Oleh karena itu ketika kamu merasa bahwa kamu terlalu gemuk, segera atur pola makan dan rajinlah berolahraga agar tubuhmu tak menjadi sarang penyakit. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini