7 Hal yang Jangan Dilakukan Ketika Perut Sedang Kosong

Jumat, 27 September 2019 14:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
7 Hal yang Jangan Dilakukan Ketika Perut Sedang Kosong Ilustrasi lapar. ©Shutterstock.com/Jacek Chabraszewski

Merdeka.com - Ketika perut sedang kosong atau lapar, sejumlah hal bakal sulit kamu lakukan. Kondisi ini menyebabkan kamu kesulitan berkonsentrasi dan mengalami gangguan saat bekerja.

Pada saat lapar, kamu juga bakal lebih mudah marah-marah dibanding biasanya. Namun hal ini juga tak hanya mempengaruhimu pada mood yang kamu miliki saja.

Pada saat perut kosong, terdapat sejumlah hal yang tidak boleh kamu lakukan. Sejumlah makanan atau minuman juga pantang kamu konsumsi saat perutmu tengah kosong.

Ketika perut tengah kosong, terjadi sejumlah kondisi yang kamu alami pada tubuh. Kondisi ini menyebabkan kamu mengalami sejumlah masalah dan tidak dapat diperlakukan secara sembarangan.

Dilansir dari Livestrong, Bonnie Taub-Dix, RD, pakar diet, mengungkap bahwa terdapat sejumlah hal yang pantang dilakukan ketika perut kosong. Berikut daftarnya:

1 dari 7 halaman

Membuat Keputusan

Ketika tengah lapar, kamu bakal lebih mudah marah, tak sabaran, dan lebih impulsif. Berdasar sebuah penelitian yang dilakukan pada September 2019, rasa sakit yang muncul karena lapar bisa menurunkan kemampuanmu untuk membuat keputusan yang tepat.

Peneliti mengungkap bahwa orang-orang yang lapar cenderung membuat keputusan berdasar hasil jangka pendek. Mereka tidak memedulikan tujuan jangka panjang sehingga tak bisa membuat keputusan dengan tepat.

2 dari 7 halaman

Konsumsi Vitamin

Mengonsumsi vitamin ketika perut kosong merupakan hal yang sebaiknya dihindari. Sejumlah vitamin biasanya bersifat asam dan menyebabkan masalah di dalam perut.

Ketika perut kosong, tubuh juga tak dapat menyerap sejumlah vitamin secara efektif dan tepat. Oleh karena itu, hal ini sebaiknya kamu hindari untuk dilakukan setiap hari.

3 dari 7 halaman

Berbelanja

Ketika perut tengah lapar, mata juga bisa ikut lapar dan jadi belanja secara berlebih. ketika lapar, kamu tidak bisa membuat keputusan secara tepat sehingga sering belanja secara berlebih.

Taub-Dix menyebut bahwa ketika kamu lapar, tidak hanya kamu bakal belanja lebih banyak, namun kamu juga cenderung membeli makanan tak sehat dan tinggi kalori. Oleh sebab itu, tidak disarankan untuk berbelanja ketika perut sedang kosong.

4 dari 7 halaman

Minum Alkohol

Konsumsi alkohol sebenarnya merupakan hal yang sebaiknya dihindari pada kehidupan sehari-hari. Alkohol bisa menurunkan kadar gula darah sehingga kamu merasa melayang, pusing, dan sakit.

Saat kamu tidak makan, perut dalam kondisi kosong dan biasanya gula darah menurun. Ketika konsumsi alkohol, gula darah bisa semakin menurun sehingga muncul masalah.

Konsumsi alkohol ketika perut kosong juga bisa membuatmu semakin lapar. Pasalnya, alkohol bisa bermanfaat sebagai stimulan selera makan.

5 dari 7 halaman

Konsumsi Makanan Pedas

Ketika perut sedang kosong, konsumsi makanan pedas juga bisa menyebabkan masalah. Hal ini bisa membuat perutmu menjadi sakit dan serasa terbakar.

Sensasi panas dan terbakar ini muncul karena tidak ada makanan lain pada sistem pencernaan yang mampu menjadi bantalan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu konsumsi makanan lain terlebih dahulu sebelum makan makanan pedas.

6 dari 7 halaman

Minum Kopi

Konsumsi kopi di pagi hari merupakan suatu hal yang biasa dilakukan banyak orang. Namun sebaiknya kamu hindari hal ini ketika perutmu sedang kosong.

Kopi memiliki kandungan asam yang bisa menyakiti perut terutama ketika dalam kondisi kosong. Pada seseorang yang memiliki masalah asam lambung dan pencernaan, konsumsi kopi saat perut kosong ini bisa membuat mereka semakin sakit.

7 dari 7 halaman

Melakukan Olaharaga Berat

Walau kamu sudah terbiasa dan tak mengalami masalah performa, olahraga saat perut kosong sebaiknya tidak dilakukan. Pada beberapa orang, tidak makan sebelum olahraga ini bisa menyebabkan rasa pusing atau melayang.

Sebelum berolahraga, sebaiknya konsumsi makanan atau kudapan untuk menjaga energimu. Disarankan untuk mengonsumsi buah agar kamu mendapat karbohidrat sehat yang tepat untuk kesehatanmu. [RWP]

Baca juga:
Penyebab Rasa Sakit di Telapak Kaki dan Cara Mengatasinya
Penyebab Mengapa Bayi Menjadi Rewel Saat Diletakkan di Boks dan Cara Mengatasinya

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini