7 Gejala awal kanker paru-paru yang tak disadari

Minggu, 2 Februari 2014 08:50 Reporter : Kun Sila Ananda
7 Gejala awal kanker paru-paru yang tak disadari Ilustrasi kanker paru-paru. ©Shutterstock.com/creo77

Merdeka.com - Menjaga kesehatan adalah hal yang haru dijadikan prioritas setiap orang. Meski begitu, ada saja alasan untuk mengabaikannya, seperti kurangnya waktu, kesibukan, dan lainnya. Hal ini menyebabkan banyak orang tak menyadari munculnya penyakit berbahaya pada diri mereka.

Salah satu penyakit yang seringkali tak terdeteksi adalah kanker paru-paru. Pada masa-masa awal, kanker paru-paru seringkali memiliki gejala yang cukup tersembunyi sehingga tak banyak disadari. Mengetahui gejala ini sangat penting untuk mencegah dan merawat kanker paru-paru secepatnya.

Berikut adalah beberapa gejala kanker paru-paru tahap awal yang jarang sekali diketahui, seperti dilansir oleh Boldsky (26/01).

1 dari 7 halaman

Jangan remehkan batuk

Ilustrasi batuk. ©Shutterstock.com/konzeptm

Siapa saja bisa mengalami batuk, karena penyakit ini wajar dialami oleh banyak orang. Namun batuk bisa akan hilang dalam hitungan hari. Jika batuk terus bertahan lebih dari satu minggu dan seringkali muncul saat udara dingin, sebaiknya waspada. Itu bisa jadi berkaitan dengan penyakit paru-paru atau gejala awal kanker paru-paru.

2 dari 7 halaman

Kehabisan napas

Ilustrasi tes napas. ©Shutterstock.com/papa1266

Anda bisa terengah-engah dan kehabisan napas ketika melakukan banyak kegiatan. Namun berhati-hatilah jika Anda mudah kehabisan napas tanpa alasan apapun atau ketika Anda tak melakukan kerja berat. Jika kehabisan napas menjadi hal yang sering terjadi pada Anda, itu bisa jadi salah satu pertanda kanker paru-paru. Kehabisan bernapas adalah salah satu tanda kanker paru-paru yang disebabkan oleh kebiasaan merokok.

3 dari 7 halaman

Sakit pada bagian tertentu

Ilustrasi sakit bahu. ©Shutterstock.com/Piotr Marcinski

Rasa sakit pada bagian tertentu pada tubuh bisa jadi dipicu oleh kanker paru-paru. Salah satunya adalah rasa sakit pada bagian dada, pundak, punggung, dan lengan. Hal ini terjadi karena kanker paru-paru menyebabkan masalah pernapasan dan menekan saraf pada bagian-bagian tubuh tertentu.

4 dari 7 halaman

Sering sakit

Ilustrasi sakit. ©Shutterstock/Kamira

Kesehatan yang buruk dan berkali-kali mengalami sakit adalah salah satu gejala kanker paru-paru yang disebabkan oleh kebiasaan merokok. Jika Anda memiliki kebiasaan merokok, Anda akan sering merasa lelah, depresi, penurunan berat badan, dan rasa sakit pada lutut. Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter dan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk mengetahui apa penyebab sakit tersebut.

5 dari 7 halaman

Bronchitis

Ilustrasi paru-paru. ©Shutterstock.com/Spectral-Design

Bronchitis adalah salah satu gejala penyakit kanker paru-paru yang jarang terjadi. Biasanya ini terjadi pada perokok. Jika Anda sering merasa sakit dan tak sehat karena bronchitis sebaiknya waspada karena itu bisa jadi memicu munculnya kanker paru-paru.

6 dari 7 halaman

Napas berbunyi

Ilustrasi tidur. ©Shutterstock/Ammentorp Photography

Napas yang berbunyi saat tidur adalah salah satu gejala yang harus diwaspadai. Ini merupakan salah satu gejala kanker paru-paru yang seringkali disalahartikan sebagai masalah tidur. Meski begitu, jika masalah ini terus muncul bahkan ketika masalah tidur sudah diatasi, sebaiknya konsultasikan pada dokter dan periksa kesehatan pernapasan Anda.

7 dari 7 halaman

Suara berubah

Ilustrasi berbisik. ©Shutterstock/evgenymate

Suara bisa berubah serak dan tak menyenangkan ketika Anda mengalami demam atau flu. Namun ini juga merupakan salah satu gejala kanker paru-paru yang sering disalahartikan. Kanker paru-paru akan mempengaruhi kotak suara sehingga sangat mungkin akan menyebabkan suara Anda berubah. Jika suara Anda berubah dalam waktu yang lama, bahkan ketika pilek atau flu sudah sembuh, sebaiknya periksakan ke dokter dan lakukan rontgen paru-paru.

Itulah beberapa gejala kanker paru-paru yang tak banyak disadari orang. Gejala tersebut terlihat biasa dan bisa disalahartikan sebagai penyakit lain. Namun Anda harus waspada. Mengetahui gejala awal tersebut bisa menyelamatkan nyawa Anda atau nyawa orang yang Anda cintai.

Baca juga:
WHO: Polusi udara adalah penyebab utama kanker paru-paru
Satu dari 10 kematian di Eropa disebabkan penyakit paru-paru
Makan bawang putih mentah turunkan risiko kanker paru-paru
Makan bawang putih mentah turunkan risiko kanker paru-paru
Tidak ada kaitan antara perokok pasif dan kanker paru-paru

[kun]
Topik berita Terkait:
  1. Kanker Paru Paru
  2. Top List
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini