7 Dampak Sehat yang Bisa Diperoleh dari Berolahraga ketika Hamil

Jumat, 13 Desember 2019 07:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
7 Dampak Sehat yang Bisa Diperoleh dari Berolahraga ketika Hamil Ilustrasi Ibu Hamil Berolahraga. ©nasm.org

Merdeka.com - Olahraga merupakan sebuah hal yang sangat penting dilakukan dalam kondisi apa pun. Kegiatan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh.

Mengingat pentingnya olahraga, hal ini harus dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Hal ini termasuk ketika seorang wanita tengah hamil.

Olahraga disebut sebagai hal yang penting untuk dilakukan jika ingin kehamilan tetap aman dan anak sehat. Menurut Journal of American Medicine Association (JAMA), menyebut bahwa olahraga ketika hamil ini memiliki dampak positif baik bagi ibu dan bayi.

Penelitian dari Camilo José Cela University mengungkapkan bahwa bertambahnya berat badan secara berlebihan, diabetes gestational, operasi caesar, serta sakit punggung bawah merupakan sejumlah risiko yang berujung gaya hidup tak sehat selama kehamilan. Melalkukan olahraga ringan selama kehamilan cukup aman dan bermanfaat baik bagi ibu dan bayi.

Terdapat sejumlah olahraga yang disarankan ketika tengah hamil seperti olahraga aerobik dampak rendah. Selain itu, berenang, berjalan, serta sepeda statis juga cukup aman dan efektif dalam menjaga kesehatan.

Terdapat sejumlah dampak positif yang dapat muncul dari kebiasaan berolahraga ketika tengah hamil. Dilansir dari the Health Site, berikut sejumlah dampak kesehatan dari berolahraga ketika hamil.

1 dari 7 halaman

Memberi Suntikan Energi

energi

Kehamilan bisa membuat kamu menjadi merasa lelah. Berjalan cepat dan menikmati udara di sekitar bisa memberi suntikan energi yang kamu butuhkan. Sedikit olahraga bisa membuatmu juga bersemangat dan membuatmu mampu menjalani hari dengan bugar.

2 dari 7 halaman

Menyehatkan Perut

Tingginya progesteron di dalam tubuh ketika hamil bisa membuatmu mengalami masalah perut yang berujung konstipasi. Olahraga bisa membantu kerja perut dan menjaga fungsi pencernaan terutama ketika kamu mengonsumsi cukup serat.

3 dari 7 halaman

Mengatasi Nyeri Punggung

punggung

Wanita hamil sering mengalami masalah nyeri punggung. Berolahraga seperti yoga dan berenang bisa cukup efektif dalam mengurangi sakit dan membantu tubuh melawan gejala kembung dan bengkak.

4 dari 7 halaman

Rendahnya Risiko Gestational

Olahraga secara rutin bisa menurunkan tekanan darah rendah dan menjaga tekanan darah. Hal ini sangat bermanfaat untuk membuatmu terhindar dari risiko diabetes tipe-2. Adanya diabetes bisa berdampak pada munculnya masalah saat kelahiran bayi.

5 dari 7 halaman

Bisa Membantu Melahirkan

melahirkan

Olahraga juga bisa sangat bermanfaat pada proses melahirkan karena mampu meningkatkan kebugaran dan stamina tubuh. Hal ini dapat bermanfaat pada saat kontraksi dan mengeham ketika melahirkan sehingga kamu mampu mempertahankan energi yang digunakan.

6 dari 7 halaman

Membantu untuk Tidur

Trimester terakhir merupakan masa-masa paling sulit untuk tidur dengan nyaman. Pada masa ini, sangat mungkin wanita mengalami pola tidur yang tak teratur dan juga kesulitan tidur. Olahraga merupakan cara yang baik untuk membuatmu menjadi lelah dan pikiran santai untuk mendapat tidur malam yang nyaman.

7 dari 7 halaman

Meningkatkan Mood

Dampak yang muncul dari olahraga adalah pikiran yang lebih bahagia. Olahraga bisa melepaskan hormon yang membuatmu merasa nyaman yaitu endorfin. Hal ini bisa membuatmu merasa lebih bahagian ketika hamil dan mampu mengontrol perasaanmu.

Sejumlah dampak positif tersebut bisa kamu peroleh ketika berolahraga saat hamil. Usahakan untuk tetap berolahraga walau kamu tengah hamil untuk mendapat dampak tersebut. [RWP]

Baca juga:
Bayi yang Lahir dari Ibu Usia Tua Lebih Berisiko Alami Masalah Jantung
Benarkah Minum Jeruk Nipis Bisa Buat Wanita Lebih Cepat Hamil?
Ini Penyebab Janin Tetap Kecil Kendati Ibu Sudah Banyak Makan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini