7 Cara Mudah Mencegah Melonjaknya Gula Darah pada Tubuh Kamu

Rabu, 27 November 2019 11:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
7 Cara Mudah Mencegah Melonjaknya Gula Darah pada Tubuh Kamu Ilustrasi diabetes. ©Shutterstock/Scott Sanders

Merdeka.com - Banyak masalah kesehatan yang bisa sangat mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Sejumlah masalah kesehatan ini bisa membuatmu menjadi bermasalah baik dalam jangka pendek maupun panjang.

Salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan adalah mencegah tingkat gula darah. Hal ini bisa sama pentingnya dengan menjaga ambang kolesterol dan tekanan darah pada tubuh.

Menjaga kadar gula darah tetap dalam angka yang tepat merupakan suatu hal yang penting bagi seseorang yang memiliki diabetes tipe 2. Salah satu cara paling penting dalam menjaga kadar gula yang tepat adalah melalui makanan yang kamu konsumsi.

Ketika kamu makan secara sembarangan, maka gula darah yang kamu miliki bisa meningkat secara instan. Untuk mengatur tingkat gula darah ini, maka penting bagimu untuk memperhatikan sejumlah hal.

Menjaga konsumsi sejumlah makanan bisa jadi cara jitu untuk mencegah melonjaknya gula darah. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah cara untuk menjaga agar gula darah di tubuhmu tidak melonjak secara cepat.

1 dari 7 halaman

Hindari Konsumsi Karbohidrat Olahan

Hal ini bisa kamu lakukan dengan mengurangi sejumlah karbohidrat olahan seperti gula dan biji-bijian olahan. Sejumlah hal ini bisa ditemui pada roti putih, soda, permen, gula, sereal, serta sejumlah makanan penutup. Kurangnya nutrisi dari sejumlah makanan tersebut membuatmu sebaiknya meminimalisasi konsumsi makanan tersebut.

2 dari 7 halaman

Jaga Berat Badan Sehat

Salah satu hal yang bisa mempengaruhi meningkatkan gula darah adalah berat badan yang dimiliki seseorang. Oleh karena itu, menjaga berat badan tetap dalam ambang sehat bisa mencegah meningkatkan risiko gula darah tinggi.

3 dari 7 halaman

Olahraga

Berolahraga merupakan cara untuk menjaga agar berat badan turun yang berbanding lurus dengan menurunnya gula darah. Hal ini bisa kamu lakukan bahkan dari cara yang paling sederhana seperti berjalan sehari-hari.

4 dari 7 halaman

Minum Lebih Banyak Air

Kurangnya asupan air putih dalam dirimu bisa menyebabkan gula darah melonjak drastis. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi lebih banyak air minum dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini juga bisa membuatmu kenyang lebih lama.

5 dari 7 halaman

Konsumsi Makanan Rendah Karbohidrat

Meningkatnya gula darah secara drastis biasanya bisa karena disebabkan karena konsumsi karbohidrat sehari-hari. Sebisa mungkin hindari makanan ini dan konsumsi makanan yang lebih sehat dan berasal dari tumbuhan.

6 dari 7 halaman

Perbanyak Konsumsi Serat

Perbanyak serat yang kamu konsumsi sehari-hari bisa menjadi cara untuk mencegah meningkatnya gula darah. kandungan serat ini juga membuatmu merasa kenyang lebih lama dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

7 dari 7 halaman

Kurangi Asupan Gula

Salah satu penyebab utama obesitas yang merupakan faktor risiko meningkatnya gula darah adalah gula. Membatasi asupan gula setiap hari bisa meningkatkan kesehatanmu dan mencegah masalah ini.

Sejumlah cara itu bisa kamu lakukan untuk mencegah agar gula darah dalam tubuhmu tak melonjak. Dengan memastikan gula darah tetap dalam tingkat aman, maka kesehatanmu juga dapat terjaga. [RWP]

Baca juga:
Pada Sejumlah Orang ini, Penting Melakukan Cek Rutin Gula Darah
Ngantuk di jam-jam ini? Waspadai risiko diabetes!
Rajin berdiri, cara alami turunkan kadar gula darah dan kolesterol sekaligus
Hipoglikemia, lawan dari diabetes yang sama mengkhawatirkannya
Selain diabetes, 6 hal ini juga bisa bikin gula darah meningkat
Kombinasi telur dan cuka ampuh untuk turunkan kadar gula darah

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini