7 Cara lidah beritahukan kondisi kesehatan tubuh

Rabu, 15 Juni 2016 15:40 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
7 Cara lidah beritahukan kondisi kesehatan tubuh Ilustrasi lidah. ©Shutterstock.com/LoloStock

Merdeka.com - Lidah keriput
Tahukah Anda bahwa lidah berkerut adalah pertanda bahwa Anda mengalami penuaan dini? Ya, celah dan retakan di lidah akan terjadi seiring bertambahnya usia atau terjadinya penuaan dini dalam tubuh Anda.

Bercak di lidah
Bercak di lidah biasanya muncul tanpa disertai dengan rasa sakit. Kondisi ini dikenal dalam istilah medis sebagai leukoplakia yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel berlebih. Biasanya kondisi ini terjadi pada mereka yang memiliki kebiasaan merokok. Sedangkan bagi yang tidak merokok dan memiliki bercak di lidah ini, biasanya terjadi akibat gesekan gigi dengan lidah.

Luka di lidah
Jangan anggap sepele luka yang biasanya muncul di lidah Anda. Sebab hal ini bisa menjadi tanda kanker lidah. Dan kanker lidah termasuk jenis kanker yang paling pesat perkembangannya saat ini.

Lidah terasa seperti terbakar
Rasa lidah yang seperti terbakar biasanya disebabkan karena Anda alergi akan jenis pasta gigi tertentu. Namun dalam beberapa kasus kesehatan, lidah terbakar juga bisa terjadi saat tubuh Anda melalui tahap menopause. Jadi bagi Anda para wanita yang merasa bahwa lidah Anda sering terasa seperti terbakar, bisa jadi menopause datang pada tubuh Anda.

Itulah beberapa tanda penyakit yang disampaikan lewat lidah. Jadi, rasakan lidah Anda sekarang. Apakah Anda merasa ada yang aneh? [feb] SEBELUMNYA

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini