7 Cara Lezat Membersihkan Lidah dari Lapisan Putih yang Menempel

Rabu, 24 November 2021 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
7 Cara Lezat Membersihkan Lidah dari Lapisan Putih yang Menempel Ilustrasi lidah. ©Shutterstock.com/LoloStock

Merdeka.com - Kebersihan area sekitar mulut merupakan hal yang sangat penting untuk kita jaga. Pasalnya, hal ini bisa sangat berkaitan dengan kenyamanan ketika makan serta bau mulut kita.

Sayangnya, kebersihan di area mulut ini sangat sering dikesampingkan oleh seseorang. Hal ini terutama terkait kebersihan area lidah.

Pada lidah kita, sering kali ada lapisan putih yang menempel di atasnya. Hal ini biasanya kerap muncul karena kurang maksimalnya kebersihan area mulut dan gigi kita.

Kondisi ini bisa menimbulkan bahaya jika dibiarkan secara terus-menerus. Secara langsung, kondisi ini bisa menyebabkan menurunnya fungsi indera perasa dalam mengecap makanan.

Untuk membersihkan area lidah tersebut, selain menggunakan pembersih lidah, ternyata ada cara lezat yang bisa kita lakukan. Dilansir dari healthmeup.com, berikut sejumlah makanan dan minuman yang bisa membantu membersihkan lidah.

2 dari 4 halaman

Susu, Biskuit, dan Roti

1. Susu

Minum susu bisa membersihkan lidah dari kandungan lemak yang tinggi. Selain itu asam lemak dalam susu mampu menetralisir keadaan mulut karena makan pedas.

2. Biskuit

Kandungan tepung pada biskuit merupakan penyebab dari manfaat ini. Selain itu, kandungan rasa dari biskuit juga mampu membantu menyingkirkan semua rasa di lidah.

3. Roti dan Air

Kombinasi dari roti dan air adalah pembersih lidah yang sempurna. Kandungan tepung dari roti memiliki manfaat serupa biskuit dan ketika dipadukan dengan air, kotoran dan rasa bisa hilang dibilas.

3 dari 4 halaman

Seledri dan Apel

apel

4. Seledri

Seledri merupakan salah satu sayuran yang bisa membantu membersihkan lidah. Mengunyah seledri juga bisa mencegah halitosis atau bakteri yang menempel pada lidah dan menyebabkan bau tak sedap.

5. Apel

Tidak hanya baik untuk menghilangkan karang gigi, apel juga mampu membersihkan lidah dari lapisan putih di atasnya. Ketika tengah mengunyah apel, produksi air liur bakal meningkat sehingga efektif dalam membersihkan mulut.

4 dari 4 halaman

Air Lemon dan Teh Hijau

6. Air Lemon

Campuran air hangat dan tetesan lemon bisa digunakan untuk membersihkan lapisan putih di lidah. Selain lemon, air jeruk nipis juga memiliki manfaat yang sama. tentu minuman ini bisa jadi cara segar untuk membersihkan lidah.

7. Teh Hijau

Konsumsi teh hijau juga bisa menjadi cara alami untuk membersihkan lidah. Pastikan saja jangan mengonsumsinya dalam kondisi yang terlalu panas atau terlalu banyak gula untuk memperoleh manfaat ini.

Membersihkan lapisan putih di lidah ini bisa dilakukan dengan sejumlah cara lezat tersebut. Selain sehat cara ini juga sangat lezat dan mudah untuk dilakukan. [RWP]

Baca juga:
Cegah Demam Tifoid, Vaksinasi Bisa Dilakukan 3 Tahun Sekali
Penyebab Sering Bangun Tengah Malam, Ketahui Cara Mengatasinya
Ketahui Seberapa Sering Popok Anak Harus Diganti

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini