7 Alasan untuk kurangi penggunaan diapers pada bayi

Senin, 14 Desember 2015 19:11 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
7 Alasan untuk kurangi penggunaan diapers pada bayi ilustrasi diapers. shutterstock/Katarzyna Wojtasik

Merdeka.com - Diapers merupakan piranti yang wajib dimiliki oleh para ibu yang memiliki bayi. Sebab diapers memiliki manfaat untuk menampung kencing bayi sementara waktu. Sehingga para ibu tak perlu repot untuk mengganti, mencuci popok yang menggunung, dan para bayi juga jadi tidak rewel sehingga ibu bebas dari stres.

Meskipun efektif dan mudah digunakan, nyatanya pemakaian diapers bisa membahayakan bayi. Apa saja bahayanya? Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah beberapa efek merugikan dari pemakaian diapers.

kulit kemerahan

Kulit berubah menjadi kemerahan adalah gejala utama yang bisa bayi Anda dapatkan saat mereka terlalu sering menggunakan diapers. Kemudian kulit yang kemerahan ini bisa berubah menjadi gatal, lecet, dan bahkan infeksi. Sehingga saat bayi Anda mulai mengalami gejala ringan ini, maka jangan diabaikan.

Infeksi kulit

Karena kulit bayi sangatlah halus, makan pemakaian diapers yang terlalu sering bisa menyebabkan infeksi. Apalagi jika diapers tersebut dibiarkan lembap dalam waktu yang lama.

Infeksi saluran kemih

Karena diapers berfungsi untuk menampung air kencing sementara, maka bisa jadi ada penyebaran kuman dari kencing di dalamnya. Jika Anda tidak sering mengganti diapers, maka kuman tersebut berpotensi menimbulkan infeksi saluran kemih.

Alergi

Saat bayi Anda terkena infeksi karena pemakaian diapers, maka hal ini bisa berubah menjadi alergi yang berkepanjangan. Dan saat buah hati Anda mulai mengalami alergi, maka hentikan pemakaian diapers tersebut.

Menurunkan sistem kekebalan tubuh

Tak cuma mampu merusak kesehatan kulit, ternyata pemakaian diapers juga bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh Anda. Hal ini terjadi karena infeksi dan radang yang sering terjadi bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh sehingga buah hati Anda pun mudah sakit.

Ruam popok

Selain kulit yang kemerahan, pemakaian diapers yang terlalu sering juga bisa menyebabkan ruam. Terkadang ruam ini disertai pula dengan kulit yang leceh dan perih saat disentuh.

Infeksi jamur

Salah satu dampak negatif dari pemakaian diapers adalah munculnya jamur penyebab infeksi. Hal ini biasanya disebabkan oleh pemakaian popok lembap terlalu lama sehingga menyebabkan bakteri bertumbuh subur.

Memakai diapers memang memberikan kemudahan. Namun Anda juga harus memperhatikan waktu kapan sebaiknya diapers tersebut diganti. Serta sebaiknya gunakan diapers hanya di malam hari saja saat bayi tidur agar kulit bayi tetap bisa bernapas. [feb]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini