7 Alasan penting tubuh perlu olahraga

Minggu, 12 Agustus 2012 20:37 Reporter : Rizqi Adnamazida
Ilustrasi olahraga. ©shutterstock.com/Maridav

Merdeka.com - Olahraga jelas membuat tubuh lebih sehat. Namun sebenarnya ada banyak alasan spesifik mengapa Anda harus rajin melakukannya. Yuk simak penjelasan selengkapnya alasan penting dari olahraga seperti yang dilansir dari Quick Easy Fit (10/08) berikut ini.

Kekuatan aerobik
Kemampuan tubuh menghirup oksigen dalam skala maksimal disebut dengan kekuatan aerobik. Semakin tua, semakin rendah kekuatan tersebut. Namun dengan olahraga, Anda bisa menjaga kekuatan aerobik agar tetap stabil dan tidak terlalu banyak berkurang saat tua nanti.

Tekanan darah
Hipertensi kronis disebabkan karena penggumpalan dalam arteri. Dengan olahraga, penggumpalan itu bisa dihancurkan. Otomatis tekanan darah pun akan terjaga dan Anda terhindar dari risiko penyakit kardiovaskular.

Diabetes tipe 2
Selain menjaga konsumsi gula, diabetes tipe 2 juga bisa dicegah dengan olahraga. Sebab aktivitas fisik rutin membantu tubuh menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

Sistem imun
Sistem imun punya tugas penting memerangi racun yang masuk dalam tubuh. Sama seperti kekuatan aerobik, sistem imun kadarnya berkurang seiring bertambahnya usia. Maka dari itu Anda sebaiknya rajin olahraga untuk membuat tubuh tetap bisa memproduksi sistem imun.

Tulang kuat
Olahraga angkat beban bisa membuat tulang Anda semakin kuat. Meskipun kekuatan tulang setiap orang berbeda, setidaknya Anda perlu olahraga untuk meningkatkan performa tersebut.

Mengurangi stres
Sering stres akibat pekerjaan atau masalah pribadi? Cobalah untuk berolahraga setiap hari dan temukan bedanya. Dengan olahraga, energi tubuh akan terisi kembali dan membuat suasana hati lebih membaik.

Massa otot
Semakin banyak otot yang Anda miliki, semakin baik sistem metabolisme dalam tubuh. Jadi jangan malas olahraga untuk membentuk massa otot Anda.

Olahraga tidak harus di tempat fitness. Anda bisa berjalan, berlari, sit up, push up, dan gerakan lain yang bisa dilakukan di rumah. Sekali Anda punya niat, tidak akan ada jalan sulit untuk melakukan olahraga rutin. [riz]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.