6 Warna teh kesehatan serta khasiatnya bagi tubuh dan kecantikan

Senin, 13 Agustus 2018 12:02 Reporter : Tantri Setyorini
6 Warna teh kesehatan serta khasiatnya bagi tubuh dan kecantikan Ilustrasi teh aneka warna. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Istilah teh biasanya digunakan untuk menyebut daun Camellia sinensis yang dikeringkan dan diseduh menjadi minuman herbal. Tetapi sebenarnya ada berbagai jenis teh yang bisa dibuat dari tanaman lain. Misalnya saja tisane yang dibuat dari macam-macam mahkota bunga. Teh yang dibuat dari pandan, daun kopi, atau rempah-rempah juga semakin populer karena khasiatnya bagi kesehatan.

Berikut ini kita akan membahas aneka jenis teh dengan beragam warna serta manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya.

2 dari 7 halaman

Merah - Teh rosella

rosella rev1Ilustrasi teh rosella. © iStockphoto/bonchan

Kelopak bunga rosela mengandung banyak asam sitrat dan pektin. Sementara bunganya mengandung gosipetin, antosianin, dan glikosid hibiscin. Dilansir Healthypro.org, penelitian yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Thailand pada tahun 1999 menemukan bahwa khasiat bunga rosela dapat menyembuhkan beragam penyakit.

Gangguan kesehatan yang bisa dicegah dan diatasi dengan rutin minum teh rosella antara lain asam urat, hipertensi, kegemukan, kolesterol, kanker, batuk kronis, demam, sakit perut, dan penumpukan lemak di hati.

Teh rosella juga bisa membantu menetralkan racun, menyehatkan mata, menutrisi otak, dan terapi untuk pecandu narkoba.

3 dari 7 halaman

Hijau - Matcha

rev1Ilustrasi matcha. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Matcha adalah teh hijau Jepang yang berbentuk bubuk. Jika diseduh akan menghasilkan teh yang berwarna hijau cerah dan sedikit berbusa. Rasanya cukup pahit.

Teh hijau yang kaya akan antioksidan dikenal ampuh untuk mencegah kanker dan obesitas. Sementara polyphenol dalam teh hijau mampu memperbaiki sel yang rusak karena radikal bebas dari dalam.

Menurut ahli dermatologi Renee Snyder, M.D. seperti dilansir Yahoo! Beauty, catechin dalam matcha dapat mencegah kerusakan sel. Konsumsi teh hijau secara teratur dapat membantu mengurangi inflamasi yang dapat menyebabkan penuaan dini. Selain itu teh hijau mampu meningkatkan kemampuan kulit untuk menangkal sinar UV dan radikal bebas.

Teh hijau juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Namun, konsumsi teh hijau secara berlebihan justru bisa berdampak tidak sehat bagi wanita hamil karena mencegah tubuh menyerap zat besi dan asam folat.

4 dari 7 halaman

Kuning - Teh chrysanthemum (seruni)

chrysanthemum seruni rev1Teh chrysanthemum. ©iStock

Tisane (teh bunga) yang satu ini paling dikenal sebagai penenang karena aromanya yang menjadikan pikiran rileks. Selain itu, teh krisan juga berkhasiat memperkuat kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, memperbaiki kesehatan mata, mencegah osteoporosis, meredakan inflamasi, serta memperbaiki kondisi kulit.

Teh chrysanthemum diyakini mampu mendinginkan tubuh, membersihkan liver, dan memperlambat munculnya gejala penuaan.

5 dari 7 halaman

Hitam - Teh hitam

hitam rev1Ilustrasi teh hitam. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Teh hitam ternyata tinggi teofilin dan kafein yang membantu untuk meningkatkan denyut jantung agar kamu selalu bersemangat. Khasiat yang dimiliki teh ini antara lain mencegah kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mendukung kesehatan otak dan fungsi saraf, menurunkan berat badan, menyehatkan jantung, menguatkan tulang, menjaga kesehatan sistem pencernaan dan menurunkan stres.

6 dari 7 halaman

Merah muda - Teh mawar

teh mawar rev1Ilustrasi teh mawar. ©iStock

Teh yang dibuat dari mahkota bunga mawar kering dikenal karena rasanya yang mewah dan aromanya yang sedap. Teh ini tak hanya enak dihirup, khasiatnya pun beragam.

Teh mawar memiliki kemampuan untuk meredakan nyeri haid, menenangkan perut dan liver, meningkatkan sirkulasi darah, memperbaiki kekebalan tubuh, mengurangi lemak tubuh, meringankan sembelit, menghaluskan kulit, membantu penyembuhan luka, dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

7 dari 7 halaman

Biru - Teh bunga telang

bunga telang rev1Ilustrasi teh bunga telang. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Teh bunga ini kaya akan antioksidan. Sejumlah penelitian menemukan bukti bahwa teh ini berkhasiat untuk mencegah glikasi yang bisa menyebabkan penuaan dini, anti inflamasi, mengatasi kelelahan, meningkatkan vitalitas, dan meringankan rasa sakit.

Itulah berbagai jenis teh dengan aneka warnanya yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Minum macam-macam teh di atas secara teratur agar tubuh dan kulit senantiasa sehat. Jangan diberi gula, ya.

Sumber: Boldsky, Livestrong, Yahoo!Beauty [tsr]

Baca juga:
Mengenal teh biru dan manfaatnya
Rahasia panjang umur ala orang Inggris
Hentikan kebiasaan minum es teh manis setelah makan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini