6 Sumber probiotik yang tak terduga

Rabu, 25 September 2013 10:53 Reporter : Rizqi Adnamazida
6 Sumber probiotik yang tak terduga Ilustrasi keju. ©Shutterstock/Yana Kabangu

Merdeka.com - Probiotik adalah bakteri baik yang bertugas melancarkan pencernaan dalam tubuh. Jika Anda berpikir sumber probiotik hanya yogurt, Anda salah besar. Sebab ada beberapa sumber probiotik yang tak terduga seperti yang dilansir dari Care2 berikut ini.

Keju tertentu

Keju jenis cheddar, gouda, dan parmesan adalah makanan yang ternyata mengandung probiotik tinggi. Bahkan semakin tua usia keju, semakin besar kandungan probiotik di dalamnya.

Miso

Miso biasanya disajikan dalam bentuk sup oleh warga Jepang. Makanan ini pun dipercaya mampu mempercepat penyembuhan kondisi keracunan radiasi. Miso sendiri terbuat dari nasi, kedelai, dan gandum yang difermentasi.

Cokelat hitam

Lezat dan sehat, itulah cokelat hitam. Sumber antioksidan di dalam cokelat hitam terkenal mampu melindungi tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Bonusnya, cokelat hitam juga merupakan sumber probiotik yang tak terduga.

Roti adonan asam

Adonan asam adalah teknik dalam membuat roti dengan memanfaatkan ragi dan bakteri lactobacilli. Itulah yang membuat roti adonan asam termasuk ke dalam sumber probiotik yang tak terduga.

Zaitun

Zaitun adalah sumber probiotik yang tak terduga berikutnya. Jadi jangan ragu mengonsumsi zaitun sebagai salah satu makanan bergizi yang melancarkan pencernaan.

Asinan

Asinan adalah bentuk olahan makanan yang dibuat dengan cara merendamnya ke dalam air dan garam (tanpa cuka). Siapa sangka, asinan ini mengandung bakteri probiotik yang menyehatkan.

Itulah berbagai sumber probiotik yang tak terduga. Anda bisa menjadikannya alternatif makanan kaya probiotik jika sudah bosan dengan yogurt.

Baca juga:

Tingkatkan kekebalan tubuh dengan kacang kapri

Kacang hijau, makanan sehat yang percantik kulit

Kacang tunggak, si kaya protein pengganti daging

Kacang panjang, sumber folat yang baik untuk ibu hamil

Misteri brokoli: Kenapa kadang-kadang rasanya pahit? [riz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini