6 Masalah Kesehatan yang Bisa Diwariskan Oleh Ibu pada Anak

Minggu, 8 Desember 2019 00:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana
6 Masalah Kesehatan yang Bisa Diwariskan Oleh Ibu pada Anak Ibu dan anak. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan seseorang memiliki faktor risiko penyakit yang tinggi. Beberapa faktor bisa dihindari sedangkan beberapa yang lain tidak.

Pada masalah gaya hidup, penyesuaian serta perubahan yang kamu lakukan bisa membuat faktor risiko masalah kesehatan yang kamu miliki tak berpengaruh. Sedangkan terdapat faktor lain yang tak bisa kamu ubah seperti genetik.

Beberapa penyakit tertentu yang disebabkan faktor genetik bisa kamu alami tanpa disadari. Sejumlah masalah kesehatan yang disebabkan oleh faktor genetik ini bisa menurun dari ibu kepada anak.

Terdapat sejumlah masalah kesehatan yang bisa diwariskan oleh ibu terhadap anak. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah masalah kesehatan yang bisa diturunkan oleh ibu pada anak.

1 dari 6 halaman

Penyakit Jantung

Jika ibumu mengalami serangan jantung, peluangmu untuk megalami masalah ini juga meningkat hingga 20 persen. Penelitian dari Oxford University menunjukkan bahwa peluangmu mengalami stroke juga meningkat jika ibu mengalami masalah ini.

Diwariskannya masalah ini terjadi karena penyakit vaskular yang diturunkan mempengaruhi arteri koroner di jantung serta arteri serebral di otak. Oleh karena itu, hal ini dapat meningkatkan peluang sejumlah penyakit ini pada seseorang yang ibunya pernah mengalami masalah ini.

2 dari 6 halaman

Kanker Payudara

Wanita yang memiliki gen mutasi BRCA1 atau BRCA2 memiliki risiko mengalami kanker payudara. Sebagian besar wanita yang memiliki gen ini bakal mengalami perkembangan kanker payudara pada usia lebih awal.

Penting bagi wanita untuk melakukan mammogram setelah usia 40 tahun. Jika ibu atau sanak famili memiliki kanker payudara, kamu sebaiknya memeriksakannya lebih awal.

3 dari 6 halaman

Alzheimer

The Alzheimer Society menyatakan bahwa gen alzheimer bisa diwariskan. Jika ibu memiliki atau pernah mengalami alzheimer, maka peluang demensia yang kamu miliki meningkat 30 hingga 50 persen.

Selalu perhatikan berat badan, tekanan darah, serta kolesterol. Selain itu terapkah gaya hidup sehat untuk menurunkan risiko berkembangnya demensia hingga sekitar 20 persen.

4 dari 6 halaman

Depresi

Masalah mental merupakan salah satu hal yang bisa diturunkan dalam keluarga. Terdapat peluang 10 persen kamu mewarisi depresi ketika terdapat riwayat penyakit ini di keluargamu.

Lakukan sejumlah hal untuk mengatasi adanya masalah kesehatan mental ini. Tidur secara cukup, perhatikan asupan alkohol, serta kendalikan tingkat stres untuk menurunkan peluangmu mengalami depresi.

5 dari 6 halaman

Migrain

Tanpa banyak disadari, migrain dapat diwariskan dari ibu pada anak. Gen penyebab migrain bisa diwariskan pada anak dan membuat peluang mengalami masalah ini 70 hingga 80 persen.

Sejumlah hal bisa jadi pemicu munculnya migrain seperti makanan berupa cokelat, keju, kopi, jeruk, dan anggur merah. Pada wanita, sebaiknya perhatikan juga hormon ketika menstruasi karena hal ini juga bisa jadi penyebab migrain.

6 dari 6 halaman

Menopause Dini

Jika ibumu mengalami menopuse dini, peluangmu mengalami hal ini bakal meningkat 70 hingga 85 persen. Usia rata-rata dari menopause adalah 51 tahun namun 1 dari 20 wanita mengalami hal ini sebelum usia 46.

Terkait masalah ini, tidak ada upaya untuk mencegahnya. Walau begitu kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menghadapinya. [RWP]

Baca juga:
Aktivitas Fisik Bisa Membantu Turunkan Risiko Patah Tulang Panggul pada Wanita Lansia
Deretan Penyakit yang Menjadi Penyebab Pesohor Indonesia Tutup Usia di Tahun 2019
Begini Cara Aman Bagi Lansia untuk Mengganti Katup Jantung

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini