6 Masalah Kesehatan Akibat Menggunakan Smartphone di Kamar Mandi

Rabu, 25 Januari 2023 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
6 Masalah Kesehatan Akibat Menggunakan Smartphone di Kamar Mandi Ilustrasi Menggunakan HP di Toilet. ©pixabay

Merdeka.com - Pada kehidupan saaat ini, banyak orang yang tidak bisa hidup jauh dari smartphone. Ponsel pintar ini dibawa dan digunakan di mana saja termasuk saat buang air di kamar mandi.

Menunggu buang air besar kadang kala bisa sangat membosankan. Oleh karena itu, banyak orang yang menyiasatinya dengan menggunakan smartphone saat buang air.

Pada saat membawa ponsel ke kamar mandi, terdampak sejumlah dampak buruk yang mungkin kita alami. Hal ini terutama karena membawa ponsel saat buang air besar ini bisa membuat kita berlama-lama "nongkrong" di kamar mandi.

Selain itu, terdapat sejumlah hal lain yang bisa menyebabkan dampak buruk kesehatan akibat membawa dan menggunakan ponsel di kamar mandi ini. Dilansir dari Healthshots, berikut sejumlah dampak buruk dari membawa dan menggunakan ponsel di kamar mandi.

2 dari 4 halaman

Munculnya Infeksi Saluran Kencing dan Penuh Kuman

1. Munculnya Infeksi Saluran Kencing dan Diare

Pada saat kamu membawa ponsel ke kamar mandi, maka besar kemungkinan kuman dari luar terbawa ke kamar mandi. Hal ini bakal menambah jumlah kuman di kamar mandi yang pada dasarnya sudah melimpah. Hal ini bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti diare, penyakit yang berhubungan dengan usus, serta infeksi saluran kencing.

2. Ponsel Dipenuhi Kuman

Pada saat kamu membawa ponsel ke kamar mandi, besar kemungkinan bahwa kuman yang ada di kamar mandi bakal menempel smartphone. Hal ini tentu berbahaya, terlebih karena bisa saja ponsel ini nanti menempel di wajah atau kamu sentuh langsung.

3 dari 4 halaman

Mengganggu Buang Air Besar dan Menyebabkan Konstipasi

air besar dan menyebabkan konstipasi

3. Menyebabkan Gangguan Buang Air Besar

Menggunakan ponsel pada saat duduk di toilet bisa mengganggu respons tubuh terhadap buang air besar. Tidak disarankan duduk di toilet lebih dari 10 menit, namun ketika menggunakan ponsel kamu bisa berlama-lama di toilet sehingga menimbulkan gangguan pada proses buang air besar.

4. Menyebabkan Konstipasi

Menggunakan ponsel saat di toilet juga bisa menyebabkan konstipasi. Hal ini bisa terjadi karena tubuh menjadi terbiasa untuk duduk di toilet dalam jangka panjang sebelum tinja keluar. Kondisi ini bisa mengganggumu pada saat butuh buang air besar namun waktu yang ada cukup sempit.

4 dari 4 halaman

Menyebabkan Ambeien dan Stres

5. Menyebabkan Ambeien

Terlalu lama duduk di toilet ketika menggunakan ponsel bisa berujung munculnya ambeien. Terjadinya masalah ini bisa membuat buang air besarmu jadi tak nyaman dan menyakitkan dan bahkan hingga berdarah.

6. Menimbulkan Stres

Waktu di toilet sebenarnya bisa kamu manfaatkan untuk beristirahat dari pekerjaan dan kesibukan. Sayangnya, membawa ponsel ke toilet justru membuatmu sulit terhindar dari hal ini.

Membawa ponsel ke toilet membuatmu tetap terhubung dengan pekerjaan secara terus-menerus. Kondisi ini bisa menimbulkan terjadinya stres dan kelelahan pada dirimu. [RWP]

Baca juga:
Bahaya Pemberian Ramuan seperti Kecipir dan Kencur pada Bayi di Bawah 6 Bulan
Mengapa Bayi Mengalami Gumoh Setelah Makan? Ini 3 Penyebabnya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini