6 Manfaat utama telur untuk kesehatan

Kamis, 14 Agustus 2014 10:32 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
6 Manfaat utama telur untuk kesehatan Ilustrasi telur goreng. Shutterstock/Sunny Forest

Merdeka.com - Telur adalah makanan super sehat yang dapat dengan mudah Anda temui. Tak hanya itu, Anda pun bisa mengkreasikan telur menjadi berbagai macam olahan yang lezat.

Menurut beberapa penelitian kesehatan, banyak orang yang menjadikan telur sebagai menu sarapan mereka untuk menurunkan berat badan. Alasannya, telur dapat membuat mereka cepat kenyang. Selain manfaat tersebut, inilah manfaat utama lainnya dari telur bagi kesehatan Anda.

  • Seperti dilansir dari indiatimes.com, kuning telur kaya akan lutein dan zeaxanthin. Kedua senyawa alami ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan penglihatan dan mengurangi risiko katarak di usia tua.
  • Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard School of Public Health, mengonsumsi telur secara teratur dapat mencegah penggumpalan darah, stroke, dan serangan jantung.
  • Telur adalah sumber kolin. Satu kuning telur mengandung 300 mikrogram kolin yang baik untuk kesehatan otak, sistem saraf, dan sistem kardiovaskular.
  • Telur adalah satu-satunya makanan alami yang mengandung vitamin D.
  • Telur bisa mencegah kanker payudara bagi wanita. Sebab dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa wanita yang mengonsumsi telur setidaknya 6 butir per minggu akan turun risikonya untuk terkena kanker payudara sebesar 44%.
  • Kandungan sulfur yang tinggi dan berbagai macam vitamin serta mineral di dalamnya baik untuk kesehatan rambut dan kulit.

Itulah keutamaan makan telur untuk kesehatan tubuh Anda. Tidak ada salahnya apabila Anda memasukkan telur sebagai menu sehat Anda. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini