6 Manfaat sehat bagi kamu si cengeng

Kamis, 8 Desember 2016 15:35 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi menangis. ©2015 Merdeka.com/Soompi

Merdeka.com - Menjadi cengeng atau orang yang mudah menangis adalah hal yang normal jika kamu melihat, mendengar, atau mengetahui sesuatu yang menyedihkan. Well, selain karena sesuatu yang menyedihkan, seseorang juga bisa menangis karena rasa sukacita yang tinggi.

Dilansir dari boldsky.com, menangis merupakan respon fisik tubuh terhadap keadaan emosional di mana seseorang menitikkan air mata dari kelenjar lakrimal atau saluran air mata. Dan ternyata menangis menyimpan banyak manfaat sehat seperti penjelasan berikut ini.

Meredakan stres
Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa menangis bisa memperbaiki keadaan fisik dan mentalmu. Hasilnya, stres pun akan pulih.

Mendetoksifikasi tubuh
Saat kamu menangis, maka air mata yang keluar akan membawa serta racun dan kotoran di dalam mata. Mata pun jadi bersih.

Pembersih alami
Air mata yang kamu keluarkan mengandung enzim yang disebut dengan lisozim. Enzim ini bersifat anti bakteri yang mampu membersihkan mata dari kuman.

Mencegah mata kering
Air mata mampu melumasi mata, mencegah mata kering, serta kemerahan.

Meningkatkan suasana hati
Selain meredakan stres, menangis membantumu untuk merasa lebih nyaman dan meningkatkan mood atau suasana hati sampai batas tertentu. Menangis juga akan meningkatkan produksi endorfin, hormon yang membuatmu merasa lebih baik.

Mencegah depresi
Karena menangis dapat membantu menghilangkan stres serta meningkatkan suasana hati, maka kamu pun bisa terhindar dari depresi yang dipenuhi dengan emosi negatif.

Meski terlihat menyedihkan, menangis ternyata memberikan banyak manfaat sehat. Jangan, jangan malu untuk menangis, ya! [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.