6 Makanan yang mengikis lemak di dinding pembuluh darah

Selasa, 11 Agustus 2015 04:08 Reporter : Destriyana
6 Makanan yang mengikis lemak di dinding pembuluh darah Ilustrasi kolesterol. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Lukiyanova Natalia/frenta

Merdeka.com - Lemak jahat atau juga dikenal sebagai kolesterol jahat, adalah senyawa yang dapat akan mengendap di dinding dalam pembuluh darah. Hal itu secara bertahap akan mengurangi ruang di dalam pembuluh darah dan akhirnya menyumbat aliran darah. Bila terus dibiarkan, kondisi ini bisa memicu serangan jantung dan stroke. Nah, berikut adalah enam makanan yang dapat mengikis endapan lemak di dinding pembuluh darah, seperti dilansir Boldsky.

1 dari 6 halaman

Alpukat

Ilustrasi alpukat. ©Shutterstock.com/mama_mia

Alpukat dikatakan dapat meningkatkan kadar lemak baik dan menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, terutama pada orang dengan kadar kolesterol tinggi. Lemak baik bertindak sebagai peluntur lemak jahat dari pembuluh darah.

Kandungan asam oleat yang ditemukan pada alpukat juga dikatakan dapat mengurangi peradangan. Bukan cuma itu. Buah ini juga merupakan sumber lutein, salah satu jenis karotenoid yang bertindak sebagai antioksidan. Lutein dapat membantu melindungi mata dari berbagai infeksi.

2 dari 6 halaman

Almond

Ilustrasi almond. ©Shutterstock/grafvision

Almond mengandung senyawa yang mencegah pemecahan lemak baik (LDL), sehingga mampu mencegah kerusakan pada pembuluh darah dan jantung. Lemak baik juga membantu menghilangkan kolesterol jahat dari tubuh. Jadi, biasakan untuk makan almond di pagi hari atau membuatnya jadi camilan sehat saat bekerja.

Almond juga merupakan sumber antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif. Stres oksidatif dapat merusak molekul dalam sel tubuh dan meningkatkan risiko penuaan dini dan penyakit mematikan seperti kanker.

3 dari 6 halaman

Minyak zaitun

Ilustrasi minyak zaitun. ©Shutterstock/juan ignacio laboa

Asam lemak yang ditemukan dalam minyak zaitun diketahui dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah dan mengurangi kolesterol. Minyak zaitun juga diketahui mengandung asam lemak omega-6, jenis lemak tak jenuh yang sangat baik untuk jantung.

Selain itu, kandungan oleuropein yang ditemukan dalam minyak zaitun sangat efektif dalam mengurangi tekanan darah dan mencegah pembentukan gumpalan darah. Minyak zaitun juga kaya antioksidan yang sangat berguna untuk melawan efek buruk radikal bebas.

4 dari 6 halaman

Ikan

Ilustrasi ikan. ©Shutterstock.com/ JIANG HONGYAN

Ikan, seperti salmon dan tuna misalnya, kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda sangat dianjurkan untuk makan ikan setidaknya dua atau tiga kali dalam seminggu.

Sebuah studi yang dilakukan di Denmark pada 49.000 wanita menemukan bahwa wanita yang makan sedikit ikan atau tidak sama sekali memiliki masalah jantung 50 persen lebih besar daripada mereka yang makan ikan sedikitnya sekali seminggu.

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa wanita yang jarang makan ikan memiliki risiko penyakit jantung tiga kali lipat lebih tinggi daripada mereka yang sering makan ikan.

5 dari 6 halaman

Oatmeal

Ilustrasi oatmeal. Shutterstock/mama_mia

Oatmeal ini adalah salah satu yang makanan terbaik untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Satu cangkir oatmeal mengandung sekitar 2 gram serat larut dan 4 gram serat total.

Serat larut yang dikandung oleh oatmeal akan berubah menjadi gel dalam tubuh. Hal tersebut membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama dan mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah.

6 dari 6 halaman

Kedelai

Ilustrasi kedelai. ©Shutterstock.com/R. Kongmuang

Kedelai merupakan sumber lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Asam linoleat dan asam linolenat merupakan asam lemak yang ditemukan dalam kedelai. Keduanya berguna untuk mengatur fungsi otot dalam tubuh, serta mempertahankan tekanan darah normal.

Serat yang hadir dalam kedelai juga terbukti mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dengan mengikis tumpukan lemak di dinding pembuluh darah dan arteri.

Inilah enam makanan yang dapat membantu mengikis endapan lemak atau kolesterol di dinding pembuluh darah. Hati-hati, penumpukan lemak atau kolesterol di dinding pembuluh darah dapat memicu serangan jantung dan stroke! [des]

Baca juga:
Ingin lebih langsing? Makanlah karbohidrat di malam hari
Cara meredakan perdarahan berlebih saat menstruasi
Pria wajib konsumsi jahe karena 5 khasiat ini

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini