6 Jenis vitamin yang menguatkan tulang

Selasa, 23 Juli 2013 22:02 Reporter : Rizqi Adnamazida
6 Jenis vitamin yang menguatkan tulang Ilustrasi vitamin. ©2012 Shutterstock/Africa Studio

Merdeka.com - Siapa bilang tulang cuma butuh vitamin D? Ternyata ada lima vitamin lain yang dibutuhkan untuk menguatkan tulang. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Mag for Women berikut ini.

Vitamin D

Agar kadar kalsium dan fosfor tetap stabil, konsumsi vitamin D diperlukan oleh tubuh. Sebab jika kekurangan vitamin ini, tulang berisiko terkena kelainan. Sementara jika ingin vitamin D terserap dengan baik oleh tubuh, Anda perlu mengonsumsi asam lemak omega-3.

Vitamin C

Vitamin C diperlukan untuk membantu produksi kolagen. Jika jaringan memiliki kolagen yang cukup, senyawa lain mudah untuk saling terikat dan membentuk tulang yang kuat.

Vitamin K

Untuk meningkatkan kepadatan tulang, tubuh juga perlu mengonsumsi vitamin K. Jenis vitamin ini mampu mencegah tulang mudah retak karena tugasnya 'menggiring' kalsium dari darah ke tulang.

Vitamin B12

Sebuah penelitian pernah menyebutkan bahwa kekurangan vitamin B12 mampu melemahkan tulang. Jadi selain vitamin D, jangan lupa memperbanyak konsumsi makanan kaya vitamin K untuk menguatkan tulang.

Kalium

Kalium bertugas untuk menyeimbangkan kadar keasaman dalam tubuh. Kalium juga berperan dalam mencegah kalsium agar tidak dibuang oleh tubuh. Sehingga kalium termasuk mineral yang mampu menguatkan tulang.

Magnesium

Salah satu mineral yang tak kalah penting untuk menguatkan tulang adalah magnesium. Tugasnya adalah memaksimalkan penyerapan kalsium demi menguatkan tulang.

Itulah beberapa jenis vitamin yang menguatkan tulang. Penuhi semuanya demi menjaga kesehatan tulang Anda.

Baca juga:

Peppermint, herba alami penyegar bau mulut

3 Jenis makanan yang harus dikonsumsi saat sahur

5 Alasan untuk konsumsi probiotik setiap hari

[Resep] Jus segar ini ampuh turunkan kolesterol

8 Alasan penting untuk makan daging [riz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini