6 Hal yang Bisa Menjadi Musuh Alami Kulit dan Menyebabkan Masalah

Minggu, 10 Mei 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana
6 Hal yang Bisa Menjadi Musuh Alami Kulit dan Menyebabkan Masalah Ilustrasi kulit kering. ©Shutterstock/Evgeny Atamanenko

Merdeka.com - Kondisi kulit manusia bakal terus mengalami perubahan seiring bertambahnya usia. Ketika baru lahir, kita memiliki kondisi kulit yang sehat dan sempurna.

Seiring bertambahnya usia, kondisi kulit yang kita miliki bakal terus menurun. Tekstur serta kilauan yang terdapat di kulit kita bakal menghilang seiring waktu.

Bertambahnya usia juga menyebabkan munculnya garis, keriput, bintik, serta kemerahan pada kulit. Sejumlah hal sehari-hari yang kita alami juga tanpa disadari menyebabkan munculnya masalah kulit.

Beberapa hal ini bisa sangat mengejutkan karena pada kehidupan sehari-hari biasa kamu terima. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah hal yang bisa menyebabkan kondisi kulit jadi memburuk.

1 dari 6 halaman

Cahaya Matahari Berlebih

Matahari bisa menyebabkan sejumlah masalah di kulit berupa tekstur yang tak teratur, keriput, pigmentasi, serta kusam. Cahaya matahari berlebih di kulit bisa menyebabkan kulit kehilangan kekenyalannya serta menyebabkan munculnya keriput serta titik-titik coklat.

2 dari 6 halaman

Merokok

Merokok bisa menyebabkan kulit kekurangan oksigen sehingga menjadi kusam serta keriput. Masalah lain yang rentan terjadi akibat merokok adalah kulit yang mengalami dehidrasi.

3 dari 6 halaman

Kurang Tidur

Ketika kamu kurang tidur, hal ini bisa tampak langsung pada kulit. Hal ini menyebabkan kulit menjadi kusam serta mata yang sembap. Kurang tidur secara kronis bisa menyebabkan munculnya garis-garis halus serta lingkaran hitam di bawah mata.

4 dari 6 halaman

Perubahan Berat Badan

badan

Bertambahnya berat badan secara drastis bisa memunculkan stretch mark sedangkan hilangnya berat badan bisa membuat kulit menjadi menggelambir. Masalah ini bisa tak muncul jika berat badanmu tetap atau perubahan yang terjadi tidak drastis.

5 dari 6 halaman

Cuaca

Kondisi cuaca dan udara bisa merusak sel kulit dan menurunkan produksi kolagen. Polusi udara bisa mengganggu kemampuan kulit untuk mengatur kelembapan sehingga membuatnya kering dan pecah-pecah. Hal ini bisa menutup pori-pori kulit sera memunculkan jerawat dan komedo.

6 dari 6 halaman

Stres

Stres bisa menurunkan pembatas lipid pada kulit yang merupakan pelembap alami. Hal ini menyebabkan kulit menjadi kusam, munculnya garis halus, serta kulit yang kering.

Sejumlah hal tersebut merupakan musuh alami bagi kulit yang bakal kamu hadapi sehari-hari. Untuk mencegah munculnya masalah akibat sejumlah hal tersebut, kamu perlu merawat kulit lebih hati-hati. [RWP]

Baca juga:
Tidak Hanya untuk Perempuan, Begini Tips Pedicure yang Bisa Dilakukan oleh Pria
Awas, Ini Tanda-Tanda Kulit Mengalami Dehidrasi!
Tips Ampuh Agar Wajah Tak Jerawatan Walau Pakai Masker Berjam-Jam Tiap Hari

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini