6 Cara Menjaga Kadar Cairan Tubuh Ketika Berpuasa Ramadan

Jumat, 23 April 2021 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
6 Cara Menjaga Kadar Cairan Tubuh Ketika Berpuasa Ramadan ilustrasi puasa. ©shutterstock

Merdeka.com - Ketika berpuasa di bulan Ramadan, salah satu cobaan yang banyak dialami adalah munculnya perasaan haus. Hal ini sangat lumrah terjadi karena ketika berpuasa, jumlah air yang kita konsumsi memang tidak sebanyak biasanya.

Munculnya rasa haus serta kurangnya asupan air ini merupakan tanda-tanda dari dehidrasi dan bisa memengaruhi fungsi tubuh kita. Ketika seseorang mengalami dehidrasi, mungkin muncul berbagai efek seperti konstipasi, pusing, kelelahan, serta kulit menjadi kering.

Untuk menjaga agar tubuh tetap memiliki kadar air yang cukup selama berpuasa ini, terdapat beberapa hal yang bisa kita lakukan saat sahur dan buka. Dilansir dari Islamic Finder, berikut sejumlah cara untuk membuat tubuh tidak kekurangan cairan selama berpuasa.

1. Banyak Konsumsi Air

Untuk membuat tubuh tak kekurangan cairan, cara paling sederhana adalah dengan banyak minum air. Hal ini penting dilakukan ketika kamu aktif beraktivitas di luar ruangan yang panas. Minum dengan jumlah cukup pada saat sahur dan berbuka agar kamu tak lemas kehausan saat berpuasa.

2. Hindari Makan Asin

Kurangi jumlah kandungan garam di makanan bisa membuat kamu tak bakal merasa kehausan saat berpuasa. Makanan dengan kandungan tinggi sodium bisa memicu rasa haus terutama ketika kita tengah berpuasa.

Baca Selanjutnya: Konsumsi Buah dan Sayur serta...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini