6 Bahan alami ini mampu hapus noda putih di lidah

Rabu, 28 Mei 2014 19:28 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
6 Bahan alami ini mampu hapus noda putih di lidah Ilustrasi stroberi. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/ER_09

Merdeka.com - Menjaga kebersihan mulut dan gigi merupakan hal yang penting. Sebab apabila dibiarkan kotor, maka dapat timbul berbagai macam masalah kesehatan. Selain karang gigi, noda putih yang ada di lidah adalah salah satu gangguan kebersihan yang banyak ditemui di kesehatan mulut dan gigi.

Ada banyak penyebab munculnya lapisan putih ini. Mulai dari jamur, obat-obatan, merokok, hingga alkohol. Jika dibiarkan, lapisan putih ini dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri dan bau mulut. Namun Anda dapat membersihkannya dengan bahan alami di bawah ini.

Garam

Garam adalah scrub alami yang mampu membersihkan noda putih di lidah. Taburkan garam di atas lidah Anda dan kemudian gosokkan dengan sikat gigi.

Stroberi

Buah ini sering digunakan untuk memutihkan gigi. Namun Anda juga dapat menggunakannya untuk membersihkan noda putih di lidah.

Lemon dengan baking soda

Mencampur lemon dengan baking soda adalah salah satu cara alami untuk membersihkan lidah. Oleskan ramuan ini di lidah Anda yang juga berfungsi untuk mengurangi bau mulut dan memutihkan gigi.

Yogurt

Yogurt adalah salah satu makanan yang bermanfaat untuk membunuh jamur penyebab noda putih di lidah. Konsumsi makanan ini yang juga bermanfaat untuk menguatkan gigi Anda.

Kunyit

Kunyit merupakan rempah-rempah yang mampu Anda gunakan sebagai obat alami untuk membersihkan noda putih di lidah. Campur bubuk kunyit dengan jus lemon dan kemudian oleskan pada lidah Anda.

Apel

Mengunyah apel ternyata juga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan gigi dan gusi Anda. Tak hanya mampu membuat gigi putih dan mengurangi bau mulut, apel juga mampu membersihkan lidah.

Daripada menggunakan bahan kimia untuk membersihkan lidah putih di lidah, cobalah bahan alami di atas. [feb]

Baca juga:
Sedang sakit gigi? Kunyahlah 8 makanan lunak ini
Ketahui potensi penyakit dari 7 gangguan kesehatan mulut ini

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini