5 Vaksin Paling Penting Dalam Sejarah Manusia

Senin, 30 November 2020 21:25 Reporter : Dwi Zain Musofa
5 Vaksin Paling Penting Dalam Sejarah Manusia bocah pakistan divaksin polio. ©2017 REUTERS/Naseer Ahmed

Merdeka.com - Vaksin telah ada sejak akhir abad ke-18 dan telah menyelamatkan banyak nyawa sejak saat itu. Dikutip dari Insider, Minggu (29/11/2020), saat ini, WHO memperkirakan bahwa vaksin telah menyelamatkan sekitar 2-3 juta nyawa setiap tahun.

Telah banyak vaksin yang beredar di dunia salah satu yang terpenting dalam sejarah peradaban manusia adalah vaksin polio, MMR, dan cacar. Kini para ilmuwan dunia juga tengah berlomba membuat vaksin untuk mengatasi penyebaran virus Covid-19.

Vaksin sendiri memang menjadi solusi paling efektif untuk mencegah penyakit menular. Berikut 5 vaksin paling penting dalam sejarah.

1. Vaksin Cacar

WHO menggambarkan cacar sebagai "salah satu penyakit paling mematikan yang diketahui manusia". Virus ini menyebabkan gejala mirip flu diikuti dengan lepuh berisi nanah di tubuh Anda, menurut Mayo Clinic. Secara historis, cacar telah membunuh tiga dari setiap 10 orang yang tertular penyakit itu.

Cacar adalah satu-satunya penyakit yang pernah diberantas di seluruh dunia. Artinya, saat ini, tidak ada yang menerima vaksin cacar karena tidak lagi diperlukan.

Baca Selanjutnya: 2 Vaksin Polio...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Merdeka Lawan Covid 19
  3. Vaksin
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini