5 Sumber Protein Nabati yang Sangat Cocok untuk Pemulihan Setelah Berolahraga

Kamis, 30 Juli 2020 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Sumber Protein Nabati yang Sangat Cocok untuk Pemulihan Setelah Berolahraga Ilustrasi makan makanan sehat. ©2018 Merdeka.com/Pexels

Merdeka.com - Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuhmu. Hal ini terutama penting untuk kamu yang rutin melaukan olahraga.

Protein diperlukan oleh tubuh untuk membenahi segala kerusakan tubuh baik ekstrenal maupun internal serta mendukung sistem imun. Makanan tinggi protein juga bisa meningkatkan kekuatan otot dan membantu menurunkan berat badan.

Bagi mereka yang berolahraga secara rutin, protein bakal lebih banyak dibutuhkan oleh tubuh untuk memulihkan diri. Protein yang bermanfaat ini bukan hanya jenis hewani dari daging hewan namun juga nabati dari tumbuhan.

Sejumlah protein nabati memiliki kandungan yang tak kalah dari yang berasal dari hewan. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah sumber protein nabati yang cocok untuk memulihkan diri setelah berolahraga.

1 dari 5 halaman

Kacang Lentil

Selain kaya protein, lentil juga sumber yang baik bagi serat, folat, mangan, dan zat besi. Secangkir lentil (240 ml) mengandung 18 gram protein yang bisa memenuhi 50 persen kebutuhan serat harian. Lebih lanjut, lentil memiliki kandungan antioksidan yang abik serta kandungan sehat lainnya.

2 dari 5 halaman

Susu Kedelai

Kacang kedelai sering dikonsumsi sebagai alternatif dari susu. Sesungguhnya, susu ini juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

Susu kedelai juga memiliki asam amino seperti daging sapi, ikan, dan olahan susu. Susu kedelai ini juga bebas kolesterol dan mengandung sedikit lemak jenuh. Selain itu, kandungan potasium, vitamin D, dan kalsium cukup tinggi pada susu ini.

3 dari 5 halaman

Quinoa

Quinoa merupakan sumber yang baik bagi protein dan serat. Tidak seperti sumber protein nabati lain, quinoa mengandung semua enam sumber asam amini sehingga membuatnya menjadi protein yang sempurna. Quinoa juga memiliki kandungan bebas gluten serta merupakan sumber protein yang aman bagi mereka yang memiliki intoleransi gluten.

4 dari 5 halaman

Kacang Merah

Kacang merah merupakan sebuah sumber protein yang sangat baik. Selain protein, kacang merah juga kaya serat, mangan, fosfor, vitamin B1, zat besi, poteassium, dan magnesium. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kacang merah bisa menurunkan kolesterol, mengontrol tingkat gula darah, menurunkan tekanan darah, serta menghilangkan lemak di perut.

5 dari 5 halaman

Oats

Walau oats bukan merupakan protein yang lengkap, namun mereka mengandung protein tingkat tinggi. Setengah cangkir (120 ml) oats kering mengandung sekitar 6 gram protein dan 4 gram serat. Oatas juga mengandung magnesium, zinc, fosfor, dan folat.

Sejumlah sumber protein nabati tersebut sangat penting untuk kamu konsumsi secara rutin. Bukan hanya pada mereka yang rutin berolahraga, hal ini juga sangat penting untuk dikonsumsi oleh siapa saja. [RWP]

Baca juga:
Sejumlah Cara yang Bisa Dilakukan untuk Memasak Daging Agar Lebih Sehat
Konsumsi Cokelat Bisa Bermanfaat Positif bagi Kesehatan Jantung
Ini Alasan Mengapa Sebaiknya Tidak Mengonsumsi Kopi di Pagi Hari
Apel Bisa Jadi Buah Ajaib yang Atasi Diare dan Konstipasi

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Makanan Sehat
  3. Nutrisi
  4. Olahraga
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini