5 Perubahan Buang Air Besar yang Terjadi di Kala Menstruasi

Selasa, 22 Desember 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Perubahan Buang Air Besar yang Terjadi di Kala Menstruasi ilustrasi menstruasi. ©www.livestrong.com

Merdeka.com - Pada saat wanita mengalami menstruasi, terdapat sejumlah perubahan yang dia alami. Salah satu perubahan yang biasa terjadi adalah dalam pola buang air besar.

Hal yang paling umum terjadi adalah dorongan ingin buang air besar pada masa-masa awal menstruasi. Namun tak menutup kemungkinan juga bahwa hal ini bisa menyebabkan dampak lain seperti sakit perut serta diare.

Penelitian pada tahun 2014 mengungkap bahwa tiga perempat wanita mengalami setidaknya satu masalah yang berhubungan dengan perut mereka selama menstruasi. Masalah yang dilaporkan paling umum terjadi adalah sakit perut serta diare.

Perubahan yang dialami ini juga bisa menyebabkan perubahan pola buang air besar. Dilansir dari Livestrong, berikut sejumlah perubahan buang air besar yang dialami ketika menstruasi tiba.

Sering Terjadi Diare

"Diare biasa dihubungkan dengan menstruasi karena meningkatnya prostaglandins (senyawa serupa hormon) ketika rahim luruh," terang Shweta Desai, MD, pakar uroginekologi.

"Prostaglandins tak hanya menyebabkan uterus mengalami kontraksi (dan meluruh), hal ini juga menyebabkan usus mengalami kontraksi, hal ini meningkatkan kasus diare serta kram," sambungnya.

Baca Selanjutnya: Konstipasi Bisa Terjadi dan Ketahui...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini