5 Penyebab Munculnya Suara Keroncongan dari Perut, Lapar hingga Peradangan

Rabu, 5 Oktober 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Penyebab Munculnya Suara Keroncongan dari Perut, Lapar hingga Peradangan Ilustrasi Sakit Perut. ©iStockphoto

Merdeka.com - Munculnya bunyi-bunyian tertentu dari perut merupakan hal yang biasa kita alami sehari-hari. Kondisi yang biasa disebut sebagai perut keroncongan ini kerap terjadi beberapa kali dalam sehari.

Kondisi ini biasanya terjadi setelah kita sudah makanan. Pasalnya, dinding sistem pencernaan berkontraksi agar makanan turun dari perut ke usus sehingga memunculkan bunyi serupa 'kruyuk-kruyuk'.

Selain itu, muncunya bunyi dari perut ini juga bisa disebabkan oleh rasa lapar. Meningkatnya hormon ini menyebabkan munculnya sensasi lapar yang menyebabkan usus dan perut berkontraksi sehingga memunculkan bunyi-bunyian ini.

Walau kondisi ini normal, namun ketika bunyi perut ini disertai dengan gejala lain seperti sakit perut, maka hal ini perlu diwaspadai. Kondisi ini bisa menjadi tanda terjadinya infeksi, peradangan, serta konstipasi.

Sejumlah hal bisa menjadi penyebab munculnya suara keroncongan dari perut ini. Dilansir dari Tuasaude, berikut sejumlah hal yang bisa menjadi penyebab munculnya bunyi-bunyian dari perut.

1. Lapar

Lapar merupakan salah satu penyebab utama munculnya suara keroncongan dari perut. Ketika kita lapar, terdapat peningkatan konsentrasi zat di otak yang menandakan adanya rasa lapar dan mengirim sinyal ke perut sehingga terkait kontraksi dan memunculkan suara tersebut.

Yang Harus Dilakukan: Ketika suara gemuruh di perut disebabkan karena lapar, kamu bisa mengatasinya dengan konsumsi makanan tinggi serat untuk membantu pergerakan perut dan pencernaan.

2 dari 3 halaman

Adanya Gas dan Infeksi Perut

2. Adanya Gas

Adanya banyak gas di dalam perut bisa menjadi penyebab munculnya bunyi-bunyian ini. Jika jumlah gas di dalam sistem pencernaan lebih banyak dibanding cairan, maka bunyi ini bakal muncul.

Yang Harus Dilakukan: Pastikan untuk menghindari makanan yang bisa menyebabkan munculnya gas di dalam perut.

3. Infeksi dan Peradangan Gastrointestinal

Munculnya suara keroncongan juga bisa disebabkan karena infeksi atau peradangan perut terutama pada mereka dengan penyakit Crohn's. Jika seseorang menderita masalah ini, biasanya disertai juga dengan rasa sakit dan tak nyaman, serta mual dan diare.

Yang Harus Dilakukan: Ketika gejala ini mulai muncul, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah masalah lebih lanjut.

3 dari 3 halaman

Masalah Perut dan Hernia

dan hernia

4. Masalah Perut

Masalah perut yang terjadi bisa menyebabkan suara keroncongan karena cairan dan gas kesulitan melewati sistem pencernaan. Adanya masalah perut ini tidak boleh diremehkan karena bisa disebabkan oleh cacing, endometriosis, peradangan, atau hernia.

Yang Harus Dilakukan: Segera konsultasi dengan dokter untuk mendapat cara penanganan paling cepat.

5. Hernia

Hernia merupakan kondisi tubuh yang bisa menyebabkan konstipasi dan juga munculnya bunyi-bunyian. Lebih lanjut, ketika kondisi ini terjadi, sejumlah gejala lain seperti sakit, bengkak, kemerahan, mual, dan muntah bisa muncul.

Yang Harus Dilakukan: Segera konsultasi dengan dokter untuk mencari cara penanganan. Sangat mungkin dilakukan operasi untuk mengatasi masalah ini.

Baca juga:
Cara Mengatasi Maag yang Ampuh agar Tidak Kambuh Lagi
Ini Penyebab Mengapa Kamu Sulit Buang Air Besar saat Bepergian dan Liburan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini