5 Olahraga yang Harus Dihindari Ketika Usia di Atas 50 Tahun

Rabu, 13 November 2019 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Olahraga yang Harus Dihindari Ketika Usia di Atas 50 Tahun Ilustrasi pria lansia berolahraga. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Olahraga merupakan salah satu cara yang tepat untuk menjaga kesehatan. Cara ini harus dilakukan oleh seseorang terlepas dia berada pada usia berapa pun.

Hanya saja, ada batasan tertentu dan ada hal yang harus diperhatikan ketika berolahraga tergantung kondisi seseorang. Salah satu hal yang penting diperhatikan adalah terkait usia.

Usia seseorang merupakan faktor yang tak boleh dikesampingkan ketika berolahraga. Hal ini bisa sangat mempengaruhi jenis olahraga yang dilakukan serta intensitasnya.

Selain itu, terdapat sejumlah olahraga yang sebaiknya dihindari ketika kamu sudah berada pada usia tertentu. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah olahraga yang harus kamu hindari ketika usia sudah di atas 50 tahun.

1 dari 5 halaman

Leg Press

Ketika kamu menderita arhritis atau masalah kesehatan sendi lain, sebaiknya kamu harus menghindari olahraga leg press ini. Olahraga ini bisa memberikan tekanan yang tak diperlukan pada lutut dan juga bisa mempengaruhi ligamen dan tendon yang berada di sekitar persendian lutut.

2 dari 5 halaman

Deadlift

Deadlift merupakan salah satu olahraga intensitas tinggi yang bisa menimbulkan risiko cedera lutut terutama ketika kamu berusia di atas 50 tahun. Semakin tua, otot bakal kehilangan kekuatan dan hal ini berujung pada cedera tulang belakang.

3 dari 5 halaman

Squat

Melakukan squat bisa melibatkan berbagai persendian sehingga menyebabkan nyeri lutut atau cedera. Ketika kamu mengalami osteoarthritis, cedera, atau trauma di lutut, olahraga ini terutama harus kamu hindari.

4 dari 5 halaman

Bench Press

Olahraga angkat beban jenis ini bisa menyebabkan rasa cedera pada bahu, persendian, serta otot pektoral. Seiring bertambahnya usia, persendian menjadi lemah terhadap tekanan dan berat sehingga risiko cedera juga meningkat.

5 dari 5 halaman

Lat Pulldown

Lat Pulldown merupakan latihan yang melibatkan sejumlah sendi dan otot secara bersamaan. Latihan jenis ini membuatmu menarik beban di belakang punggung sehingga memberi tekanan besar pada sendi di bahu dan rentan menyebabkan cedera.

Ketika usia sudah berada di atas usia 50 tahun, sebaiknya hindari berbagai olahraga dan latihan berat. Lakukan olahraga yang tak terlalu berat seperti berjalan, berlari, bersepeda, atau jogging untuk menjaga kesehatan. [RWP]

Baca juga:
Berapa Jumlah Ideal Air Putih untuk Diminum Setelah Berolahraga?
Sejumlah Hobi yang Ampuh untuk Menurunkan Tingkat Stres

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini