5 Minuman Kaya Elektrolit yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Sabtu, 31 Oktober 2020 00:51 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Minuman Kaya Elektrolit yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh Ilustrasi minuman berenergi. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Elektrolit memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh. Kandungan ini memiliki peran yang sangat vital terutama bagi orang yang aktif secara fisik.

Mineral ini memiliki fungsi penting bagi kontraksi otot, hidrasi, sinyal saraf, serta keseimbangan pH. Terdapat beragam jenis elektrolit yang bisa ditemu pada makanan dan minuman sehari-hari.

Jenis elektrolit yang paling umum ditemui adalah sodium, potassium, magnesium, kalsium, fosfor, klorida, dan bikarbonat. Agar tubuh bisa berfungsi secara normal sehari-hari, penting untuk menjaga keseimbangan dari mineral ini.

Adanya kandungan yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dari elektrolit ini bisa meningkatkan risiko komplikasi kesehatan. Elektrolit yang ada di dalam tubuh juga bisa terlepas melalui keringat atau cara lain.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan penurunan elektrolit secara signifikan salah satunya adalah olahraga berat. Selain itu, muntah dan diare yang berujung dehidrasi bisa menyebabkan hilangnya mineral penting ini dengan cepat.

Untuk menjaga tingkat elektrolit dalam tubuh, terdapat sejumlah makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah minuman kaya elektrolit yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuhmu.

Baca Selanjutnya: Air Kelapa...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Nutrisi
  3. Minuman Sehat
  4. Elektrolit
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini