5 Manfaat utama buah srikaya untuk kesehatan

Jumat, 22 Agustus 2014 08:11 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
5 Manfaat utama buah srikaya untuk kesehatan Ilustrasi srikaya. Shutterstock/Bennyartist

Merdeka.com - Sebagai negara tropis, Indonesia kaya akan berbagai macam jenis buah tropis. Bahkan banyak dari jenis buah ini yang tidak dapat ditemui negara lain. Salah satunya adalah buah srikaya.

Buah dengan bentuk unik ini ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Seperti dilansir dari boldsky.com, inilah manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi buah srikaya.

Mengontrol gula darah
Walaupun berasa manis, namun srikaya tidak dapat meningkatkan gula darah Anda. Malahan mengonsumsi srikaya dapat mengontrol gula darah Anda. Oleh karena itu buah ini aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Tinggi vitamin C
Tak banyak yang tahu bahwa srikaya mengandung vitamin C di dalamnya. Selain bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C ini juga membantu dalam simulasi insulin dalam tubuh Anda.

Kaya akan magnesium
Magnesium adalah salah satu jenis mineral yang penting untuk tubuh. Penelitian kesehatan menunjukkan bahwa kadar magnesium yang rendah dalam tubuh dapat meningkatkan risiko diabetes. Sebab rendahnya magnesium akan membuat produksi insulin dalam tubuh menjadi berlebih.

Mengandung kalium
Asupan kalium yang tepat dalam tubuh dapat membantu mencegah diabetes. Sebab kalium bermanfaat untuk mengatur tingkat insulin dalam tubuh.

Sarat akan zat besi
Buah srikaya tinggi akan zat besi di dalamnya. Zat ini membantu memerangi anemia dan mengontrol gula darah. Zat besi juga penting memproduksi darah yang baik untuk jantung.

Buah srikaya memang termasuk jenis buah musiman. Namun tidak ada salahnya apabila Anda mengonsumsinya ketika musim buah ini datang. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini