5 Manfaat madu yang tersembunyi

Jumat, 22 Agustus 2014 20:20 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
5 Manfaat madu yang tersembunyi Ilustrasi madu. Shutterstock/fotoaloja

Merdeka.com - madu dikenal sebagai makanan super sehat yang tinggi akan kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Rasanya yang alami membuat madu bisa dijadikan sebagai penambah rasa dari minuman dan makanan yang Anda buat.

Selain hal di atas, inilah manfaat lain dari madu yang sebelumnya jarang untuk Anda ketahui.

Membuat kulit sehat dan cantik
Meskipun terdengar unik, namun Anda bisa membuat kulit Anda sehat dan cantik dengan masker madu. Kandungan anti mikroba di dalam madu bisa membersihkan kulit tanpa membuatnya kering.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Madu adalah makanan yang tinggi akan kandungan zat polifenol, zat antioksidan yang membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas. Bonusnya, madu juga bisa menyembuhkan sakit pernapasan ringan yang sedang Anda derita.

Mengobati luka bakar dan luka gores
Seperti dilansir dari shape.com, madu memiliki kemampuan untuk menghasilkan sejumlah kecil hidrogen peroksida. Zat ini mengandung sifat antibiotik yang mampu mengobati luka dan goresan di kulit.

Menyehatkan pencernaan
Tidak banyak diketahui, madu bermanfaat untuk mengobati gangguan pencernaan dan asam lambung. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam BMC Complementary and Alternative Medicine, para peneliti menemukan bahwa madu mampu meningkatkan mikroflora di usus yang baik untuk pencernaan.

Meningkatkan energi
Sedang merasa lelah di pagi hari? Konsumsilah madu. Sebab madu dapat memberikan dorongan energi yang intensif di tubuh Anda.

Madu adalah makanan sehat dan mengandung sejuta manfaat. Oleh karena itu selalu sediakan madu di rumah Anda. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini