5 Manfaat khitan bagi kesehatan pria

Minggu, 20 Oktober 2013 15:29 Reporter : Rizqi Adnamazida
5 Manfaat khitan bagi kesehatan pria Ilustrasi khitan. ©Shutterstock/Vinciber

Merdeka.com - Khitan merupakan sebuah proses memotong sebagian kulit penutup depan dari organ intim pria. Terlepas dari ajaran agama dan kepercayaan tertentu, khitan sebenarnya memiliki beberapa manfaat kesehatan. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Mayo Clinic berikut ini.

Menjaga kebersihan

Khitan membuat pria lebih mudah membersihkan organ intimnya. Kebersihan organ intim tentu bisa melindungi pria dari berbagai penyakit menular yang mematikan.

Mencegah infeksi

Sebenarnya risiko serangan infeksi saluran kemih pada pria tidak begitu tinggi ketimbang wanita. Namun infeksi lebih mudah menyerang pria yang organ intimnya tidak dikhitan.

Mencegah penyakit

Pria yang sudah dikhitan memiliki risiko rendah untuk terkena penyakit menular seksual, salah satunya adalah HIV. Namun tetap saja, seks dengan pengaman tetap dianjurkan meski sudah berkhitan.

Mencegah inflamasi

Bagian ujung organ intim pria merupakan tempat tumbuhnya banyak bakteri. Jika tidak dikhitan, pria berisiko menderita inflamasi yang berujung pada berbagai masalah kesehatan.

Mencegah kanker

Terakhir dan tidak kalah penting, manfaat khitan bagi kesehatan pria adalah mencegah kanker. Bahkan pria yang berkhitan juga membantu pasangan menurunkan risiko kanker serviks.

Itulah manfaat khitan bagi kesehatan pria. Sebagai tambahan, khitan tidak memengaruhi kesuburan, maupun kepuasan seksual pria ketika bercinta.

Baca juga:

Konsumsi daging olahan bisa turunkan jumlah sperma

Pentingkah mencukur bulu kemaluan bagi pria?

Ternyata, menopause juga menyerang pria

Awas, remaja saat ini rentan terkena infertilitas!

Ingin cepat hamil? Jangan malas sarapan! [riz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kesehatan Kulit Dan Kelamin
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini