5 Makanan yang Bisa Membuat Payudara Pria Menjadi Membengkak

Kamis, 13 Januari 2022 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Makanan yang Bisa Membuat Payudara Pria Menjadi Membengkak ginekomastia. ©hrt

Merdeka.com - Ginekomastia merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa menyebabkan berkembangnya payudara milik pria. Hal ini bisa menyebabkan dada pria menjadi membesar dan tampak serupa dengan payudara milik wanita.

Walau dada besar merupakan salah satu hal yang diharapkan oleh pria dan bahkan banyak yang berlatih untuk memperolehnya, namun kondisi ini bisa berbeda.

Terjadinya ginekomastia ini biasanya dipicu oleh tingginya estrogen serta rendahnya testosteron. Masalah ini bisa sangat mengganggu penampilan pria.

Walau bukan sebuah kondisi serius, namun hal ini bisa menyebabkan rasa sakit dan lembek di dada. Beberapa pria bahkan mengalami keluarnya cairan dari dada mereka.

Masalah ini biasanya dialami mulai usia dewasa awal hingga lanjut usia. Kondisi ini biasanya bisa menghilang dengan sendirinya.

Sejumlah kondisi bisa menjadi penyebab terjadinya hal ini termasuk dari makanan yang kamu konsumsi. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah maanan yang bisa menyebabkan dada pria jadi membesar.

2 dari 3 halaman

Buah dan Sayur yang Berpengaruh

sayur yang berpengaruh rev1

Kacang Polong

Makanan ini memiliki kandungan phthalate yang tinggi dan merupakan pelembutp plastik yang serupa hormon estrogen. Kandngan ini bisa meningkatkan risiko munculnya payudara pada pria.

Buah-Buahan Berri

Kulit dari buah-buahan berri mungkin terkontaminasi dengan pestisida yang serupa dengan esrogen. Oleh karena itu, untuk menghindari membesarnya dada ini, buah-buahan ini perlu kamu hindari.

3 dari 3 halaman

Makanan Lain yang Bisa Menjadi Penyebab

yang bisa menjadi penyebab rev1

Tuna

Tuna merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan phthalate tinggi. Jika kamu memiliki ginekomastia, sebaiknya hindari makanan ini karena bisa memperburuk masalah kesehatan yang kamu alami.

Udang

Udang bisa berisiko memiliki kandungan pestisida di dalamnya. Kandungan ini bisa mengganggu hormon endrokrin di dalam tubuh dan bisa menyebabkan munculnya ginekomastia.

Daging Kemasan

Daging olahan yang dikemas bisa menimbulkan dampak membesarnya dada ini. Lapisan penutup daging ini bisa menyebabkan perubahan hormonal yang berujung masalah ini.

Deretan makanan ini bisa menyebabkan terjadinya kondisi payudara yang tiba-tiba membesar pada pria. Ketika masalah ini bertambah buruk, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasinya.

Baca juga:
5 Cara Seimbangkan Kondisi Lidah Agar Tetap Sehat di Usia 40-an
8 Dampak Luar Biasa Konsumsi Sari Tebu bagi Kesehatan
Amankah Mengonsumsi Biji Pepaya Tanpa Dikunyah?
Perubahan Perilaku di Masa Pandemi Bisa Sulitkan Gaya Hidup Sehat Seseorang
5 Kesalahan yang Membuat Teh Kehilangan Kandungan Sehatnya
4 Tanda yang Ditunjukkan Bayi ketika Mulai Siap Mengonsumsi MPASI [RWP]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Nutrisi
  3. Pria Merdeka
  4. Fakta Kesehatan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini