5 Makanan 'sehat' yang tidak perlu dikonsumsi

Minggu, 30 Juni 2013 11:34 Reporter : Rizqi Adnamazida
5 Makanan 'sehat' yang tidak perlu dikonsumsi Ilustrasi selai kacang. ©Shutterstock/Karen Sarraga

Merdeka.com - Ahli nutrisi selalu menyarankan agar kita mengonsumsi makanan bergizi tinggi. Namun ternyata ada makanan yang memiliki embel-embel kata 'sehat' yang sebenarnya justru tidak perlu dinikmati. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Live Science berikut ini.

Selai kacang tanpa lemak

Tahukah Anda, sebenarnya lemak pada selai kacang justru memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Jadi mengonsumsi selai kacang tanpa lemak justru sama dengan menghilangkan nutrisi tersebut dari asalnya.

Minuman bervitamin

Sekarang memang marak produk air minum yang diberi perasa dan katanya mengandung vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Padahal sebenarnya minuman tersebut justru mengandung banyak gula yang tidak sehat. Lebih baik mendapatkan asupan vitamin dari makanan seperti buah dan sayur segar.

Energi bar

Biskuit, camilan, atau makanan berenergi memiliki reputasi tinggi karena dikenal mampu merangsang pertumbuhan otot untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan. Faktanya, energi bar juga mengandung gula yang cukup tinggi. Jika ingin camilan sehat, lebih baik nikmati buah-buahan saja.

Makanan multi gandum

Banyak orang tertipu dengan embel-embel multi atau berbagai jenis biji gandum yang terdapat pada satu produk, misalnya roti, biskuit, dan sereal. Padahal multi gandum berbeda dengan gandum utuh. Jika gandum utuh memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, multi gandum justru tidak berarti apa-apa.

keripik panggang

Hanya karena tidak ada kata 'digoreng' dalam produk keripik atau biskuit renyah, bukan berarti makanan tersebut termasuk menyehatkan. Sebab kandungan garam, minyak, dan kolesterol di dalamnya cukup tinggi dan tetap bisa memberi risiko pada kesehatan.

Itulah makanan dengan embel-embel 'sehat' yang justru tidak perlu dikonsumsi. Anda juga sebaiknya memahami label makanan dengan baik sebelum membelinya.

Baca juga:

Dalam setahun, pria ini cuma makan sepuluh kali!

Warna dan berat alat makan ternyata pengaruhi rasa makanan

6 Cara membuat udara di rumah lebih segar

Cara mengobati mata ikan di kaki

5 Penyebab terbentuknya batu empedu pasca melahirkan [riz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tips Sehat
  3. Top List
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini