5 Makanan pencegah dehidrasi

Rabu, 4 April 2012 22:39 Reporter : Rizqi Adnamazida
5 Makanan pencegah dehidrasi Buah delima, salah satu makanan pencegah dehidrasi (©naturalposts.com)

Merdeka.com - Jika mengonsumsi delapan gelas air sehari merupakan aturan yang cukup sulit untuk Anda terapkan, maka Anda bisa mengganti asupan air dengan makanan yang bisa mencegah Anda dari dehidrasi. Lagipula, makanan-makanan ini juga mengandung nutrisi baik yang tidak bisa diberikan oleh air putih biasa. Apa saja makanan tersebut? Simak daftar selengkapnya seperti yang dilansir dari India Times (04/04) berikut ini.

 

Mangga

buah mangga kaya akan vitamin dan mineral, khususnya vitamin A. Fungsi vitamin A adalah meregenerasi sel kulit yang rusak. Selain itu, mangga juga membantu memperbaiki kulit setelah terkena jerawat. Tambahkan mangga ke dalam menu makanan harian Anda untuk mendapatkan manfaat vitamin A tersebut dan mencegah dehidrasi apabila Anda kurang minum air putih.

 

Delima

Buah delima adalah makanan pencegah dehidrasi dan antioksidan yang baik. Antioksidan berupa polifenol pada buah delima mampu meningkatkan perlindungan tubuh terhadap sinar matahari yang mengancam kesehatan.

 

Alpukat

Alpukat memang sepertinya kurang meyakinkan untuk menjadi salah satu daftar makanan pencegah dehidrasi, namun alpukat membantu tubuh menyimpan air lebih lama. Kandungan lemak tak jenuh dan serat pada alpukat pun bisa mencegah tubuh terserang diabetes dan kolesterol.

 

Mentimun

Mentimun yang rendah kalori mengandung banyak air yang mencegah Anda mengalami dehidrasi. Selain itu, mentimun juga merupakan sumber silika, mineral yang meningkatkan kinerja jaringan ikat. Kulit mentimun juga kaya akan vitamin A, vitamin C, dan asam folat. Jadi jangan mengupas kulit mentimun saat menikmatinya.

 

Brokoli

Brokoli dan sayuran hijau lain, misalnya bayam, adalah sumber asam lipoat (alpha lipoic acid) yang kaya akan antioksidan dan merupakan anti-inflamasi yang baik bagi tubuh. Jangan lupa, brokoli pun salah satu jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah dehidrasi.

 

Makanan-makanan tersebut di atas selain lezat ternyata juga menyehatkan dan mampu mencegah dehidrasi. Jadi, jangan malas untuk mengonsumsinya ya! [riz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini