5 Makanan ini mampu turunkan tekanan darah tinggi

Kamis, 14 Agustus 2014 15:36 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
5 Makanan ini mampu turunkan tekanan darah tinggi Ilustrasi cokelat. Shutterstock/iravgustin

Merdeka.com - Tekanan darah tinggi adalah penyakit yang menipu. Walaupun tidak menimbulkan gejala yang berarti, namun diam-diam penyakit ini bisa meningkatkan risiko Anda untuk terkena penyakit jantung dan stroke.

Tekanan darah tinggi menyebabkan jantung Anda harus bekerja ektra keras untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Banyak hal yang dapat memicu munculnya penyakit tekanan darah tinggi. Salah satunya adalah pola makan yang tidak sehat.

Namun sebenarnya Anda bisa mengobati penyakit ini dengan memperbaiki pola makan dan pola hidup. Berikut adalah daftar makanan yang ampuh untuk turunkan tekanan darah tinggi seperti dilansir dari indiatimes.com.

Bayam
Bayam yang sarat akan magnesium dan kalsium berguna untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah Anda. Jadi masukkan bayam ke dalam menu harian Anda agar tubuh Anda tetap sehat dan bugar.

Cokelat hitam
Mengonsumsi 25-30 kalori cokelat hitam per hari baik untuk menurunkan tekanan darah Anda. SebabKandungan flavanols yang ada di dalam cokelat hitam bermanfaat agar tekanan darah Anda cepat turun. Namun hal ini bukan berarti Anda bebas mengonsumsi cokelat hitam.

Susu
Susu mengandung kalsium, kalium, dan vitamin D. Semuanya bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah dan membuat tubuh Anda tetap sehat.

Tomat
Tingginya kandungan antioksidan di dalam tomat berguna untuk menurunkan tekanan darah Anda.

Kacang kedelai
Salah satu jenis kacang-kacangan ini penuh dengan kalium. Zat alami ini bermanfaat untuk mencegah kenaikan tekanan darah dalam tubuh Anda.

Tanpa mengonsumsi obat-obatan, Anda bisa menurunkan tekanan darah dengan mengonsumsi makanan sehat di atas. Selamat mencoba! [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini