5 Makanan ini cegah asam lambung di perut

Minggu, 12 Januari 2014 12:06 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
5 Makanan ini cegah asam lambung di perut Ilustrasi sakit perut. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/michaeljung

Merdeka.com - Asam lambung disebabkan ketika perut menghasilkan kelebihan asam dari makanan yang Anda konsumsi. Salah satu gejala naiknya asam lambung adalah muncul rasa tidak nyaman di perut bagian atas atau di bawah tulang dada lebih tepatnya.

Kenaikan asam lambung secara berkepanjangan dapat merusak lapisan perut dan juga menyebabkan gangguan medis yang serius seperti maag. Untuk mengatasi penyakit ini terdapat beberapa perawatan medis yang mampu mencegahnya. Selain itu ada pula makanan yang mampu mencegah kenaikan asam lambung seperti dilansir dari magforwomen.com.

Oatmeal

Oatmeal adalah menu sarapan terbaik untuk mengurangi kenaikan asam lambung. Selain untuk sarapan, Anda juga dapat mengonsumsi oatmeal sebagai menu camilan sehat Anda.

Jahe

Jahe adalah salah satu tanaman obat yang memiliki sifat anti inflamasi. Sifat ini mampu mengobati berbagai macam gangguan pencernaan. Tambahkan jahe di dalam minuman Anda, apabila Anda mulai merasa tidak nyaman di perut Anda.

susu

Susu mengandung kalsium dengan jumlah yang tinggi sebagai obat antasida untuk menetralkan asam lambung. Jika Anda menderita gangguan ini, konsumsilah segelas susu setiap hari untuk menetralisir kelebihan asam lambung.

Cuka sari apel

Cuka sari apel dianggap sebagai pengobatan yang efektif untuk memerangi asam lambung di perut. Hal ini disebabkan karena cuka sari apel mengandung enzim dan asam sehat yang membantu dalam menetralkan asam lambung.

Teh chamomile

Teh chamomile adalah salah satu jenis teh herbal yang baik untuk melawan asam lambung di perut. Mengonsumsi secangkir teh chamomile hangat baik sebagai pencegahan dari penyakit ini.

Naiknya asam lambung di perut memang menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Namun Anda dapat menetralisirnya dengan mengonsumsi makanan di atas. [feb]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini