5 Keutamaan mengonsumsi labu untuk kesehatan

Senin, 25 Agustus 2014 14:50 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
5 Keutamaan mengonsumsi labu untuk kesehatan Ilustrasi labu. Shutterstock/Brent Hofacker

Merdeka.com - Labu adalah buah yang cukup familiar di Indonesia. Selain dibuat menjadi kolak, labu juga banyak diolah menjadi kue karena labu nyatanya bisa diolah menjadi tepung.

Labu bisa Anda temui dalam berbagai macam bentuk dan warna. Di balik jenisnya yang bermacam-macam, labu nyatanya menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Inilah manfaat utama dari labu bagi kesehatan seperti dilansir dari healthmeup.com.

Rendah kalori
Labu memiliki kandungan karbohidrat yang sangat rendah dan tidak berlemak. Sehingga menjadikannya makanan yang rendah kalori. Selain itu labu juga bebas kolesterol sehingga membuatnya aman untuk dikonsumsi siapa saja.

Kaya akan serat
Tidak banyak yang tahu bahwa labu kaya akan serat. Itulah sebabnya mengonsumsi labu bermanfaat untuk mencegah sembelit dan membersihkan sistem pencernaan Anda.

Tinggi vitamin dan mineral
Labu mengandung A, C, dan K yang tinggi. Vitamin C baik untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Vitamin A dalam bentuk beta karoten baik untuk penglihatan, pertumbuhan tulang, sistem reproduksi, dan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan vitamin K baik untuk kesehatan tulang dan jantung Anda. Selain itu, labu juga tinggi akan mineral seperti magnesium, mangan, kalium, zat besi, dan fosfor.

Mengandung zat anti karsinogenik
Labu mengandung zat anti karsinogeik di dalamnya yang berarti dapat membantu Anda mencegah kanker. Zat anti karsinogenik ini berasal dari vitamin A dan C yang mampu melindungi tubuh Anda dari bahan kimia penyebab kanker.

Mencegah datangnya penyakit lain
Kandungan nutrisi yang ada di dalam labu mampu mencegah datangnya penyakit lain. Kombinasi rendah lemak dan rendah kolesterol di dalamnya baik untuk kesehatan jantung dan sistem pencernaan. Sementara kandungan vitamin dan mineral bermanfaat untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Labu yang mudah Anda temui ternyata bermanfaat untuk kesehatan Anda. Oleh karena itu daripada mengonsumsi bahan kimia untuk menjaga kesehatan, beralihlah dengan mengonsumsi bahan alami yang ada di sekitar Anda. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini