5 Kebiasaan yang Bisa Diterapkan untuk Membuat Kulit Menjadi Terlihat Lebih Muda

Jumat, 14 Februari 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Kebiasaan yang Bisa Diterapkan untuk Membuat Kulit Menjadi Terlihat Lebih Muda Ilustrasi kulit wajah. © iStock

Merdeka.com - Bertambahnya usia membuat penampilan yang dimiliki oleh seseorang bakal terus berubah. Hal ini terutama bakal terlihat pada kondisi kulit seseorang seiring bertambahnya usia.

Penuaan yang terjadi pada diri seseorang ini terutama bakal tampak pada kulit wajah. Bertambahnya usia ini bisa membuat tingkat hormon menurun serta kulit menjadi semakin kering.

Untuk mengatasi masalah kerut di wajah ini serta membuat kulit tampak muda, kolagen merupakan hal yang penting. Sebenarnya, tubuh kita memproduksi kolagen secara alami namun jumlahnya bakal menurun seiring bertambahnya usia.

Sejumlah faktor seperti merokok, konsumsi gula, serta cahaya ultraviolet bisa membuat kolagen menurun dan menyebabkan kulit menua secara prematur. Untungnya, terdapat sejumlah langkah preventif yang bisa kita lakukan untuk mencegah penuaan. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah cara yang bisa kamu coba untuk melawan penuaan dini pada kulit.

1 dari 5 halaman

Konsumsi Teh di Pagi Hari

Teh bisa membantu menurunkan risiko kanker, rheumatoid arthritis, bahkan kerutan yang disebabkan usia. Teh terutama teh putih bisa melindungi tubuh dari enzim yang merusak kolagen dan elastin, protein yang membuat kulit kenyal dan kencang.

Hilangnya dua jenis protein ini bisa menyebabkan kerut dan kondisi kulit yang mengendur lebih cepat muncul. Oleh karena itu, teh merupakan minuman yang sangat tepat untuk melawan penuaan dini pada kulit.

2 dari 5 halaman

Kurangi Konsumsi Gula

Konsumsi gula berlebih bisa berujung penuaan dini karena merusak kolagen dan elastin pada tubuh. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi gula bisa jadi cara yang tepat untuk mencegah penuaan dini terutama pada kulit wajah.

3 dari 5 halaman

Minum Banyak Air

Menjaga asupan air dalam tubuh bisa membantu menjaga sirkulasi darah dan mencegah kulit menjadi rusak. Air juga membantu membuang racun dari tubuh dan meningkatkan kilau kulit. Konsumsi air yang cukup juga bisa menghilangkan sejumlah masalah seperti ruam dan psoriasis.

4 dari 5 halaman

Hindari Paparan Cahaya Berlebih

Paparan cahaya matahari memiliki peran sangat besar dalam penuaan dini di kulit. Untuk melindungi diri dari paparan sinar ultraviolet, kamu bisa berlindung dari cahaya matahari, menggunakan pakaian tertutup, serta tabir surya.

5 dari 5 halaman

Miliki Kehidupan Ranjang yang Baik

Lebih sering bercinta bisa menjadi cara yang tepat untuk melawan penuaan. Berdasar penelitian, bercinta tiga kali seminggu bisa menjadi cara untuk menerima manfaat luar biasa ini.

Beragam cara tersebut bisa kamu lakukan untuk menghindari penuaan dini yang mungkin kamu alami. Mengingat berbagai cara tersebut cukup alami dan mudah dilakukan, tidak ada salahnya bagimu untuk mencobanya. [RWP]

Baca juga:
Kenali Perbedaan yang Tampak antara Kulit Kering dan Dehidrasi
Waspada! 4 Hal ini Bisa Jadi Penyebab Munculnya Ruam Popok pada Buah Hati
Penyebab Serta Cara Ampuh Mengatasi Ruam Popok pada Bayi
Penelitian: Orang Indonesia Menua Lebih Lambat daripada Eropa dan Amerika

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini