5 Kebiasaan sehari-hari yang bikin kamu kentut terus

Selasa, 17 Oktober 2017 14:43 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
5 Kebiasaan sehari-hari yang bikin kamu kentut terus Ilustrasi makan brokoli. Flickr

Merdeka.com - Kentut yang keluar dari dalam tubuh berasal dari perut yang bergas atau mengandung banyak gas di dalamnya. Gas ini bisa berasal dari pembentukan asam lambung berlebih akibat telat makan atau banyak mengonsumsi makanan yang memicu pembentukan gas.

Selain itu, berikut adalah kebiasaan yang sering kamu lakukan namun tak kamu sadari bisa membuatmu sering kentut.

Menelan terlalu banyak udara

Kamu bisa tak sengaja menelan udara terlalu banyak saat makan atau mengunyah permen karet. Dan udara ini dikeluarkan melalui 2 cara yaitu bersendawa atau kentut.

Banyak mengonsumsi sayuran berjenis Cruciferous

Contoh dari sayuran berjenis ini adalah kembang kol, brokoli, atau kubis. Mengonsumsinya terlalu banyak akan membuatmu kentut terus.

Banyak minum susu

Enzim tubuh untuk mengolah susu cenderung berkurang saat kamu menua. Dan susu yang tidak tercerna dengan baik akan menciptakan pembentukan gas yang berakhir dengan kamu sering kentut.

Banyak makan karbohidrat

Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat bisa membuat sisanya tak tercerna dengan baik. Dan hal ini menghasilkan limbah tempat bertumbuhnya bakteri penyebab kentut.

Makan minum soda

Soda mengandung pemanis buatan seperti sorbitol atau xylitol yang tak terserap tubuh dengan baik. Pada akhirnya limbah ini menjadi makanan bagi bakteri di usus yang membuat produksi gas bertambah banyak.

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa membuatmu selalu kentut. Tentu hal ini tak nyaman dan tak sopan jika berlangsung terus-menerus. Oleh karena itu hindari kebiasaan di atas jika kamu tak ingin kentut terus. [feb]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini