5 Jurus jitu untuk puasa anti lemas

Rabu, 15 Juni 2016 17:47 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
5 Jurus jitu untuk puasa anti lemas ilustrasi puasa. ©shutterstock

Merdeka.com - Untuk mengontrol berat badan dan membuat tubuh tetap sehat selama bulan suci Ramadan, Anda perlu mengikuti beberapa tips berikut. Dengan begitu, puasa Anda akan jadi lebih bermanfaat dan tentunya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Yuk kita simak bersama!

1. Mengontrol konsumsi gula

Gula memang bisa meningkatkan energi tubuh. Namun jangan terlalu banyak sebab juga bisa membuat Anda lemas serta berisiko tinggi untuk terkena diabetes. Anda bisa mengontrol konsumsi gula selama Ramadan dengan menyantap makanan sehat seperti kismis, dark chocolate, dan kurma.

2. Hindari makanan berminyak

Selama puasa, cobalah untuk menghindari makanan berminyak. Sebab, itu bisa menyebabkan perut kembung atau sembelit.

3. Minum banyak air

Untuk memaksimalkan manfaat kesehatan dari puasa, Anda harus banyak minum air. Sebab, air bisa mengeluarkan racun dari tubuh dan melawan dehidrasi.

4. Olahraga

Jika Anda merasa lemas untuk berolahraga saat puasa, Anda bisa mencoba melakukan tugas sehari-hari di rumah seperti menyapu, membersihkan kamar, dll. Kemudian setelah buka puasa, Anda bisa meluangkan waktu untuk berjalan-jalan sebentar di sekitar rumah.

5. Sertakan serat

Sertakan makanan kaya serat untuk menyehatkan jantung dan juga mencegah sembelit selama puasa Ramadan.

Inilah lima cara memaksimalkan manfaat kesehatan dari puasa Ramadan. Hindari pula kebiasaan makan makanan berat saat larut malam karena itu bisa memicu kenaikan berat badan [feb]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini