5 Hal yang Tanpa Disadari dapat Berpengaruh Terhadap Munculnya Rambut Rontok

Senin, 26 September 2022 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Hal yang Tanpa Disadari dapat Berpengaruh Terhadap Munculnya Rambut Rontok ilustrasi rambut rontok. ©2019 Shutterstock

Merdeka.com - Masalah rambut yang rentan dialami baik oleh pria maupun wanita adalah rambut rontok. Kondisi ini kadang terjadi bahkan pada usia seseorang yang masih cukup muda.

Produk perawatan rambut yang mahal sekalipun kadang tak mampu menyelesaikan masalah rambut rontok ini. Butuh penanganan yang menyeluruh untuk mengatasi masalah rambut ini.

Walaupun tampak seperti masalah berat, kerontokan rambut sebenarnya merupakan sebuah hal yang umum dialami. Dilansir dari The Health Site, rata-rata secara normal seseorang kehilangan 80 helai rambut per hari.

Namun ketika kamu mengalami kerontokan rambut yang tampak jauh lebih banyak dari biasanya, maka perlu kamu perhatikan lebih lanjut kondisi yang kamu alami ini. Berikut sejumlah hal yang dapat menyebabkan masalah kerontokan pada rambut.

1. Perubahan Hormonal

Selama hidup, seseorang mengalami fluktuasi hormon yang menyebabkan munculnya perubahan secara psikologis. Perubahan hormon terutama ketika kehamilan dan kelahiran dapat berkontribusi terhadap rambut rontok. Kondisi tiroid yang tidak stabil dan menopause merupakan salah satu penyebab meningkatnya kerontokan.

2 dari 3 halaman

Kurang Tidur dan Stres

dan stres rev1

2. Kurang Tidur

Kurangnya tidur bahkan hanya beberapa jam dalam sehari bisa menyebabkan terjadinya rambut rontok. Hal ini berakibat pada kesehatan secara keseluruhan dan menimbulkan berbagai kondisi seperti insomnia, narkolepsi, serta munculnya gejala kebotakan.

3. Stres

Gaya hidup yang dijalani dapat berakibat pada kesehatan fisik dan mental kita. Stres bisa menimbulkan berbagai macam masalah seperti penyakit kardiovaskular, pusing, serta rambut rontok. Guncangan akibat stres membuat lebih rentan terjadinya fase rontoknya rambut.

3 dari 3 halaman

Penggunaan Alat Pembentuk Rambut dan Jenis Kelamin

pembentuk rambut dan jenis kelamin rev1

4. Alat Pembentuk Rambut

Penggunaan catok atau juga pengering rambut setiap hari dapat menjadi salah satu penyebab rambutmu menjadi rontok. Paparan panas yang konstan, terutama setalah keramas (saat rambut paling rentan), membuat rambut ini menjadi rusak. Jangan terlalu sering mengatur rambutmu dengan cara ini untuk menjaga kesehatannya.

5. Jenis Kelamin

Faktor terakhir ini menentukan pola rambut rontok mana yang kamu alami. Wanita cenderung mengalami rambut rontok di bagian atas kulit kepala, sedangkan pada pria hal ini terjadi dengan pola tertentu seperti garis rambut yang menipis. Pria juga cenderung mengalami kondisi auto imun yang mendorong munculnya kerontokan ini.

Lima hal tersebut baik secara sengaja maupun tidak bisa menjadi penyebab munculnya rambut rontok. Pastikan untuk menghindari dan mengawasi sejumlah hal tersebut. [RWP]

Baca juga:
Jaga Kondisi Rambut saat Berolahraga, 3 Gaya Ini Bisa Kamu Terapkan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini