5 Hal yang Menyebabkan Kamu Terus Bersendawa Tak Terkendali

Senin, 26 Oktober 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Hal yang Menyebabkan Kamu Terus Bersendawa Tak Terkendali Ilustrasi Bersendawa. ©easyhealthoptions.com

Merdeka.com - Sama seperti kentut, salah satu hal yang kerap kita alami sehari-hari adalah bersendawa. Walau tak berdampak buruk dan justru menyehatkan, namun hal ini juga bisa mengganggu jika terus-menerus terjadi.

"Hal ini merupakan proses alami yang dilakukan tubuh untuk mengeluarkan udara berlebih dari saluran pencernaan atas," terang Adam Goodman, MD, kepala bagian gastroenterologi dan hepatologi di NYU Langone Hospital–Brooklyn, dilansir dari Livestrong.

Setelah kamu makan, perut bakal melebar untuk mengakomodasi makanan yang baru kamu telan. Menurut Christine Lee, MD, gasentrologis dari Cleveland Clinic, jumlah sendawa yang normal dialami seseorang adalah sekitar satu hingga empat kali setiap makan.

"Hal ini bisa sangat bervariasi bagi masing-masing orang, tergantung seberapa cepat dan banyak udara yang ditelan baik secara sadar maupun tak sadar ketika makan, minum, berbicara, maupun bernapas," dr. Lee.

Ketika sendawa ini tidak terlalu mengganggu, hal ini seharusnya tidak menjadi masalah. Namun Jika hal ini terjadi berkali-kali dan cukup mengganggu, dilansir dari Healthline, berikut sejumlah penyebab terjadinya hal ini.

Baca Selanjutnya: Menelan Terlalu Banyak Udara...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Fakta Kesehatan
  3. Kesehatan Pernapasan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini